Beberapa Hari Setelah Maysak, Topan Haishen Akan Terjang Korsel

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 07 September 2020 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 18 2273658 beberapa-hari-setelah-maysak-topan-haishen-akan-terjang-korsel-VmhP897EaY.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

SEOUL – Korea Selatan akan menghadapi terjangan topan Haishen, beberapa hari setelah dihantam topan terkuat sepanjang 2020, Topan Maysak. Badan cuaca Korea Selatan (KMA) melaporkan, Topan Haishen bergerak menuju Busan, kota terbesar kedua di negara itu, setelah menghantam selatan Jepang

Lebih dari 300 penerbangan dari 10 bandara dibatalkan, dengan beberapa layanan kereta ditangguhkan.

BACA JUGA: Topan Terkuat 2020, Maysak, Akan Landa Korea Selatan

Peringatan topan telah dikeluarkan untuk Jeju dan bagian selatan Korea Selatan lainnya seperti Provinsi Gyeongsang. Tetapi seorang pejabat KMA mengatakan kepada Yonhap News bahwa kemungkinan topan akan melemah saat lewat.

Dinas Kehutanan Korea Selatan sebelumnya telah menaikkan peringatan tanah longsor ke level tertinggi, demikian diwartakan BBC.

Badai itu datang beberapa hari setelah Maysak, salah satu topan terkuat di kawasan itu selama bertahun-tahun, menghantam semenanjung Korea dan Jepang pekan lalu.

BACA JUGA: Topan Maysak Terjang Korea Selatan, Satu Orang Tewas

Topan Haishen menyebabkan 32 orang terluka, termasuk empat orang di pusat evakuasi yang jendelanya meledak terkena hantaman angin. Topan itu juga menyebabkan hilangnya listrik ratusan ribu rumah, meski penilaian awal menunjukkan kerusakan lebih sedikit dari yang dikhawatirkan.

Sekira delapan juta orang di Jepang telah diminta untuk dievakuasi di jalur badai.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini