11 Tewas, Belasan Hilang Setelah Longsor Dahsyat Terjang 3 Desa di Nepal

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 14 September 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 18 2277664 11-tewas-belasan-hilang-setelah-longsor-dahsyat-terjang-3-desa-di-nepal-XdG77mOlyh.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KATHMANDU - Tanah longsor yang dipicu oleh hujan monsun deras menyapu tiga desa di Nepal, menghancurkan ratusan rumah. Tim penyelamat pada Senin (14/9/2020) telah menemukan jasad 11 orang dan masih mencari korban yang sejauh ini masih hilang.

Setidaknya 15 orang lagi masih diyakini terkubur di bawah longsoran tanah, menurut pejabat setempat. Upaya pencarian masih berlangsung dengan melibatkan polisi, tentara, dan penduduk desa.

BACA JUGA: Korban Tewas Gempa Nepal Bisa Capai 10.000 Orang

Pejabat Pemerintah Nepal Murari Wasti mengatakan, longsor yang terjadi pada Minggu pagi (13/9/2020) itu melanda tiga desa di Bahrabise, sekira 100 km sebelah timur Ibu Kota Kathmandu, dekat perbatasan Tibet dan China. Longsor itu menyapu rumah dan orang-orang sebelum berhenti di sungai.

Desa itu dan daerah sekitarnya termasuk di antara daerah yang paling parah dilanda gempa bumi dahsyat di Nepal pada 2015 dan pekerjaan rekonstruksi terus berlanjut ketika tanah longsor melanda.

Hujan deras, yang menyebabkan kaki bukit runtuh, menghancurkan lebih dari 100 rumah di Bahrabise.

BACA JUGA: Longsor di Nepal, 159 Orang Dipastikan Tewas

"Kami khawatir akan terjadi lebih banyak tanah longsor karena tanah menjadi lebih lemah setelah gempa," kata Nimphunjo Sherpa, wali kota Bahrabise, kota yang terkena dampak, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Pemerintah kota berencana memindahkan beberapa permukiman berisiko, tambahnya.

Menurut keterangan tim penyelamat, tanah longsor itu melanda desa-desa sebelum fajar dan orang-orang tidak dapat melarikan diri ke tempat yang aman.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini