Kebakaran Hebat Hanguskan Areal Bandara Tertua di Pulau Sumba

Dion Umbu Ana Lodu, iNews · Selasa 15 September 2020 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 340 2278356 kebakaran-hebat-hanguskan-areal-bandara-tertua-di-pulau-sumba-819U3aeF0c.JPG Areal sabana bandara Umbu Mehang Kunda tebakar (Foto: iNews/Dion)

SUMBA - Kebakaran terjadi di areal Bandara Umbu Mehang Kunda, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Peristiwa itu sempat buat panik warga sekitar juga peetugas bandara.

Kebakaran terjadi pda areal sabana di sisi landasan. Petugas patroli bandara kaget api membesar hebat, sejumlah mobil kebakaran dikerahkan, sekitar empat jam baru api bisa dikuasai, beruntung tidak ada korban luka dan jiwa.

Si jago merah tersebut menghabiskan hamparan sabana di bagian timur Bandara Umbu Mehang Kunda. Amukan api mengganas sejak sekira pukul 17.00 Wita.

Api dengan cepat merambat dan menghabiskan ilalang dan rerumputan di sekitar kawasan bandara tertua di Pulau Sumba itu.

Kondisi itu sempat membuat panik petugas bandara, juga memancing keingintahuan warga sekitar juga para pelintas jalan di sekitar bandara.

Api baru bisa dikuasai dan dilokalisir sekitar empat jam kemudian, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dibantu mobil water canon Polres Sumba Timur tiba di lokasi sekira pukul 20:00 Wita.

Awalnya diperkirakan api berasal dari aktivitas pembersihan kawasan bandara. Namun hal itu dibantah oleh kepala Bandara Umbu Mehang Kunda, Hariyanto.

Beruntung amukan api tidak merambat hingga bangunan dan rumah penduduk di sekitar bandara. Juga tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini. Namun demikian, kepala bandara juga memastikan fasilitas penunjang penerbanangan lainnya tidak alami kerusakan, namun tetap akan diperiksa oleh petugas selepas api benar – benar padam di lokasi kebakaran yang diperkirakan lebih dari dua hektar itu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini