Pengadilan Pakistan Hukum Mati Dua Terdakwa Kasus Kebakaran yang Tewaskan 260 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 23 September 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 18 2282481 pengadilan-pakistan-hukum-mati-dua-terdakwa-kasus-kebakaran-yang-tewaskan-260-orang-HCBTyAj64U.jpg Ilustrasi.

KARACHI - Pengadilan di Karachi menghukum mati dua pria yang dinyatakan bersalah memulai kebakaran yang menewaskan 260 orang di sebuah pabrik garmen pada 2012. Peristiwa itu adalah kebakaran industri paling mematikan sepanjang sejarah Pakistan.

Kedua terdakwa diketahui membakar pabrik garmen itu karena pemiliknya tidak membayar uang pemerasan. Mereka berafiliasi dengan Partai MQM, yang berkuasa di Karachi pada saat itu, demikian diwartakan BBC.

Ratusan orang tewas setelah terjebak di dalam gedung yang tidak memiliki pintu keluar api.

BACA JUGA: Korban Kebakaran Pabrik Pakistan Tewaskan 105 Jiwa

Jaksa mengambil bukti lebih dari 400 saksi. Penyelidikan kebakaran itu menyebutnya sebagai aksi terorisme terorganisir. Banyak dari korban hangus tak bisa dikenali. Yang lainnya tewas atau patah tulang saat mencoba melompat ke tempat yang aman.

Api di pabrik Ali Enterprises di daerah Baldia, Karachi dimulai pada sore hari 11 September 2012. Api berkobar selama 15 jam dengan sekira 40 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengendalikannya.

BACA JUGA: Ledakan Pabrik Parfum di Pakistan Tewaskan Sedikitnya 11 Orang

Para pejabat mengatakan pabrik itu dipenuhi bahan yang mudah terbakar, termasuk tumpukan pakaian dan bahan kimia. Orang-orang yang terjebak di dalam gedung dengan panik menelepon teman dan kerabat mereka saat api menelannya.

Di luar, kerumunan kerabat yang berteriak dan terisak-isak berkumpul untuk mendapatkan berita ketika tim penyelamat mengeluarkan mayat demi mayat.

Dalam putusannya, pengadilan di Karachi mengatakan 264 orang tewas dalam kebakaran itu, dan 60 lainnya luka-luka dalam pembakaran tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini