Cegah Salah Tangkap, Polda Kalteng Berikan "Rompi Keselamatan" ke Wartawan Peliput Demo

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 12 Oktober 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 340 2292275 cegah-salah-tangkap-polda-kalteng-berikan-rompi-keselamatan-ke-wartawan-peliput-demo-h83XFsxORk.jpg Polda Kalteng berikan rompi keselamatan ke wartawan peliput demo guna mencegah salah tangkap. (Foto : Dok Humas Polda Kalteng)

JAKARTA – Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan “rompi keselamatan” untuk para wartawan yang akan meliput demonstrasi menolak Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Kapolda Kalteng, Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, rompi itu diberikan kepada para awak media untuk mencegah terjadinya korban salah sasaran ketika aparat kepolisian mengamankan unjuk rasa yang berpotensi rusuh.

"Ini secara simbolis 30 rompi kamu bagikan kepada rekan-rekan media untuk dipergunakan dalam peliputan aksi demo," kata Dedi kepada Okezone, Jakarta, Senin (12/10/2020).

Dedi menuturkan, selain menggunakan rompi, dalam meliput setiap aksi demo, para jurnalis diharapkan menggunakan atribut lengkap lainnya, seperti identitas pengenal.

Kemudian, kata Dedi, para awak media, juga diharapkan berkoordinasi dengan aparat yang berjaga sehingga diketahui perbedaannya dengan massa aksi.

Menurut Dedi, dalam pengaman setiap aksi demo, telah diperintahkan agar setiap personel memberikan perlindungan kepada para jurnalis. Ia pun berharap tidak ada peristiwa yang tidak diinginkan terjadi antara aparat kepolisian dengan para jurnalis.

"Kami berharap tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ini merupakan bentuk kerja sama dan perlindungan terhadap rekan media," ujar Dedi.

Baca Juga : Antisipasi Demo Susulan, Polda Metro-TNI Patroli Bareng

Sebagaimana diketahui, beberapa jurnalis menjadi korban kekerasan oleh aparat kepolisian saat meliput demo penolakan Omnibus Law di Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

Baca Juga : Polda Metro Jaya Tetapkan 43 Tersangka Terkait Demo Anarkis Omnibus Law

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini