Rumah Sakit Terbakar karena Korsleting Listrik, Pasien Kocar-kacir

Kuntadi, Koran SI · Kamis 15 Oktober 2020 23:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 510 2294349 rumah-sakit-terbakar-karena-korsleting-listrik-pasien-kocar-kacir-7ihmpKYjoN.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

KULONPROGO – Bangunan rumah sakit Rizky Amalia Medika yang terletak di Lendah, Kulonprogo nyaris terbakar, Kamis (15/10/2020). Korsleting listrik telah menyebabkan percikan api dan kepulan asap tebal. Belasan pasien terpaksa diungsikan karena panik.

Bangunan yang nyaris terbakar ini berada di lantai dua kompleks rumah sakit. Sejumlah warga sempat mengabadikan percikan api dan kepulan asap hitam yang dimunculkan dari korsleting listrik di sisi atap.

“Awalnya kabel dari PLN menyala percikan api, dan saya lihat kabel di bangunan rumah sakit munculkan kepulan asap tebal,” kata Jazim Akhid, salah seorang saksi.

Kejadian ini membuat panik para perawat, pasien dan keluarga pasien yang menunggu. Untuk menghindari kebakaran, mereka diungsikan ke luar gedung. Sejumlah pasien juga sempat mendengat suara percikan api dari atas gedung.

“Tadi sempat ada bau dan asap terbakar jadinya lari,” kata Tanti salah seorang pasien dengan membawa botol infus.

Api bisa dipadamkam oleh karyawan rumah sakit, sebelum api membesar. Dua unit mobil pemadam kebakaran yang didatangkan urung melakukan penanganan.

Sementara itu Direktur RS Rizky Amalia, Susilo mengatakan, begitu ada ancaman kebakaran pasien diamankan ke luar gedung. Saat ini kondisi pasien sudah aman dan nyaman. Mereka sudah kembali masuk ke dalam gedung.

Percikap api ini diduga karena korsleting listrik. Awalnya listrik padam dan akan dinyalakan genset. Namun justru terjadi percikan api di atap bangunan.

“Sempat ada kepulan asap, tetapi bisa dipadamkam sebelum membesar,” katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini