Pekerja Taman Margasatwa China Tewas Diserang Beruang di Depan Pengunjung

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 20 Oktober 2020 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 18 2296673 pekerja-taman-margasatwa-china-tewas-diserang-beruang-di-depan-pengunjung-oJ5FLrott9.jpg ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SHANGHAI – Seorang pekerja taman safari di China tewas diserang beruang di depan bus wisata yang membawa para pengunjung. Pengelola Taman Margasatwa Shanghai berjanji meningkatkan keamanannya menyusul insiden yang terjadi di “area binatang buas” pada Sabtu (17/10/2020) itu.

Video dari insiden tersebut, yang dibagikan di media sosial, menunjukkan sekelompok turis berteriak saat mereka melihat dari dalam bus, seekor beruang itu menyerang dan menewaskan pekerja itu.

Taman tersebut telah menyatakan belasungkawa kepada keluarga pekerja.

BACA JUGA: Lupa Lepas Masker Saat Masuk Kandang, Pawang Tewas Diganyang Beruang

Dalam pernyataan di situsnya, Taman Margasatwa Shanghai mengatakan "sangat tertekan karena tragedi seperti itu terjadi". Taman itu menambahkan bahwa pihaknya juga "meminta maaf kepada wisatawan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan".

Taman mengatakan saat ini sedang menyelidiki insiden tersebut, akan meningkatkan manajemen keamanannya dan "melakukan yang terbaik untuk menangani setelah insiden", demikian diwartakan BBC.

Pengelola taman sejak saat itu telah menutup sementara kawasan binatang buas, mengembalikan tiket untuk pengunjung dan "memperkuat operasi keselamatannya".

Video yang beredar di Weibo China itu menunjukkan turis berteriak saat mereka duduk di dalam bus, sementara beberapa beruang terlihat berkumpul di luar, berdesakan di satu tempat.

Daerah tersebut hanya dapat diakses oleh pengunjung dengan bus, dengan rekaman di situs media sosial Weibo menunjukkan bagaimana hewan diperbolehkan berkeliaran dengan bebas.

BACA JUGA: Pria Terlihat seperti Mumi Usai Diserang Beruang, Begini Faktanya

Dalam video tersebut, seorang pria terdengar berteriak "ada seseorang (di sana)", sementara orang lain terdengar bertanya "apa yang terjadi?". Video tersebut dengan cepat menjadi viral dan memicu perdebatan tentang keberadaan kebun binatang.

Beberapa berpendapat bahwa beruang hanya bertindak seperti binatang liar, mengusulkan satu-satunya solusi untuk memberantas kecelakaan seperti itu adalah dengan "hanya menutup kebun binatang ... biarkan binatang bebas".

Yang lain mengutuk kurangnya tindakan pengamanan di kebun binatang, dan menyatakan simpati kepada para wisatawan yang menyaksikan kecelakaan itu, dengan mengatakan mereka akan "sangat trauma".

Jarang bagi pekerja kebun binatang di China yang dianiaya sampai mati oleh hewan, tetapi serangan tetap ada dari waktu ke waktu. meskipun dalam sebagian besar kasus, kecelakaan ini diduga disebabkan oleh para pengunjung sendiri.

Pada 2017, seorang pria digigit beruang di taman margasatwa drive-through di China setelah dia mengabaikan peringatan taman dan menurunkan jendelanya untuk memberi makan beruang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini