Peran Petani Sangat Penting di Tengah Pandemi

Agregasi Sindonews.com, · Senin 26 Oktober 2020 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 519 2299910 peran-petani-sangat-penting-di-tengah-pandemi-h97fljc7XO.jpg Foto: Okezone

TRENGGALEK – Pertanian merupakan sektor yang sangat penting di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Hal inilah yang mendorong anggota Komisi VI DPR RI sekaligus Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, memberikan bantuan Alat Panen Padi dan Pengawalan Program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) di dua daerah, yaitu Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Magetan.

(Baca juga: Pandemi Covid-19, Ibas : Harus Kejar Kualitas Kurikulum)

Acara tersebut digelar dengan protokol kesehatan dan jumlah peserta dibatasi tidak lebih dari 50 orang. Tampak hadir dalam acara tersebut beberapa Kelompok Tani dan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), serta Perangkat Desa dan Kabid Dinas Pertanian Kabupaten Trenggalek.

(Baca juga: 1.300 Petani dan Nelayan di Cirebon Bakal Dites Swab Covid-19)

"Tanpa mengurangi rasa hormat, saya meminta maaf tidak dapat hadir secara fisik dengan teman - teman semua karena Pandemi Covid-19. Lewat pertemuan virtual ini, saya berharap bisa menjadi sarana alternatif untuk merekatkan tali silaturahmi dengan Bapak Ibu semuanya,"ujar Ibas dikutip dari Sindonews, Senin (26/10/2020).

Ibas mengingatkan bahwa sektor pertanian adalah sektor vital dan krusial bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, terlebih di tengah pandemi Covid -19 yang tidak kunjung usai. Oleh karena itu, Ibas mengatakan akan terus mendorong Pemerintah untuk terus memperhatikan dan berpihak kepada para petani.

"Bidang pangan harus diarahkan untuk meningkatkan produksi pangan serta mendukung pemulihan ekonomi. Seperti membangun sarana prasarana pertanian, modernisasi alat pertanian, memperkuat korporasi petani dan distribusi pangan. Termasuk juga memperhatikan ketersediaan pupuk, subsidi, dan nilai tukar untuk petani yang tepat, agar petani untung dan sejahtera," tegas Ibas.

"Syukur Alhamdulilah, saat ini di hadapan Bapak Ibu sekalian, sudah mulai dibangun Program UPPO untuk membantu mengoptimalkan produksi pertanian tepat guna. Selain itu, juga ada bantuan mesin panen padi agar bisa memudahkan Bapak Ibu sekalian saat panen tiba,"sambungnya.

Ibas berharap, ke depannya Program UPPO dan alat panen yang diberikan untuk senantiasa dijaga, dirawat dan dikembangkan penggunaannya agar para petani lebih produktif dan juga sejahtera.

"Insya Allah saya akan terus kawal Program Pro petani ini seperti apa yang sudah pernah dilakukan semasa pemerintahan Bapak SBY. Saya mendoakan agar hasil panen Bapak Ibu sekalian bisa melimpah ruah, harga stabil paska panen dan tentunya kita semua bisa melalui Pandemi Covid-19 ini dengan semangat pantang menyerah," tutup Ibas.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini