Quick Count Pilpres AS: Trump Menang di Negara Bagian Penting Ohio

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 04 November 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 18 2303971 quick-count-pilpres-as-trump-menang-di-negara-bagian-penting-ohio-yO0H8H2LhW.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA – Donald Trump memperbesar peluangnya untuk kembali menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) setelah memenangi negara bagian penting Ohio dalam pemilihan Presiden AS 2020. Kemenangan itu memperkecil selisih suara Trump dengan saingannya, mantan Wakil Presiden AS Joe Biden.

Dengan 18 suara elektoral, Ohio merupakan salah satu negara bagian yang dianggap menentukan dalam perlombaan ke Gedung Putih. Pada 2016 negara bagian ini menjadi salah satu kunci kemenangan Trump atas Hillary Clinton.

BACA JUGA: Beberapa Negara Bagian yang Akan Menentukan Pemenang Pilpres AS 2020

Selain Ohio, Trump juga membukukan kemenangan di Idaho dan Lousiana, menambah total suara elektoralnya menjadi 130. Sejauh ini Trump memenangi 18 negara bagian, yaitu: Indiana, Kentucky, Oklahoma, Alabama, Arkansas, Tennesee, South Dakota, Nebraska, West Virginia, South Carolina, Missouri, Utah Wyoming, North Dakota, Kansas, Ohio, Idaho, Lousiana.

Jumlah suara Trump masih tertinggal dari Biden yang mengantongi 205 suara elektoral setelah kemenangannya di Virginia. Jumlah itu didapat Biden dari kemenangan di 15 negara bagian: Vermont, Massachusetts, Delaware, Maryland, New York, New Jersey, District of Coumbia (DC), Colorado, Connecticut, California, Oregon, New Mexico, Washington, New Hampshire, Virginia.

Kedua capres berlomba mencapai 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangi Pilpres AS 2020 dan duduk di ruang oval Gedung Putih sebagai Presiden baru AS.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini