Beberapa Negara Bagian yang Akan Menentukan Pemenang Pilpres AS 2020

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 04 November 2020 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 18 2303787 beberapa-negara-bagian-yang-akan-menentukan-pemenang-pilpres-as-2020-t6kKPcdzxH.jpeg Foto: Reuters.

JAKARTA - Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) akan ditentukan oleh suara elektoral dari sekira selusin negara bagian yang dikategorikan sebagai swing states, negara bagian yang tidak memiliki, atau hanya memiliki kecenderungan kecil, terhadap salah satu partai pengusung calon presiden.

Negara-negara bagian ini akan memainkan peran penting dalam memberikan 270 suara Electoral College yang diperlukan kedua capres untuk duduk di ruang oval di Gedung Putih. Berikut beberapa negara bagian tersebut, menurut analisis Reuters:

BACA JUGA: Mengenal Electoral College dan Swing States

Florida

Suara elektoral: 29

Tidak ada partai atau calon presiden yang dominan di Florida, menjadikannya negara bagian yang sangat diperebutkan. Trump memenangi suara elektoral di negara bagian ini saat terpilih sebagai Presiden AS dalam pemilihan presiden (Pilpres AS) 2016.

Georgia

Suara elektoral: 16

Seperti juga Florida, Negara Bagian Georgia juga berstatus toss up atau sulit diprediksi siapa yang akan menang antara Biden dan Trump.

Trump menyapu bersih 16 suara elektoral di Georgia saat menang atas Hillary Clinton pada Pilpres AS 2016.

North Carolina

Suara elektoral: 15

North Carolina juga berstatus toss up, meski Trump menyapu bersih suara elektoral di negara bagian ini saat memenangi Pilpres AS 2016.

BACA JUGA: Mengenal Sistem Early Voting dalam Pemilihan Umum AS

New Hampshire

Suara elektoral: 4

Negara Bagian New Hampshire condong ke Demokrat meski tidak terlalu besar. Pada 2016 Hillary Clinton menang telah atas Trump di New Hampshire.

Ohio

Suara elektoral: 18

Ohio adalah negara bagian toss up, antara Trump dan Biden. Pada 2016, Trump memenangi Ohio atas Hillary Clinton.

Michigan

Suara pemilihan: 16

Michigan condong ke Partai Demokrat yang berarti keuntungan bagi Biden. Namun, catatan menunjukkan Trump menang di Michigan atas Hillary Clinton pada 2016.

Pennsylvania

Suara elektoral: 20

Seperti Michigan, Pennsylvania juga cenderung condong ke Partai Demokrat dan seperti juga Michigan, Trump memenangi negara bagian ini pada Pilpres AS 2016.

Texas

Suara elektoral: 38

Negara bagian Texas dianggap sebagai toss up, tetapi Trump memiliki catatan yang baik dengan memenangi negara bagian ini pada Pilpres AS 2016.

Wisconsin

Suara elektoral: 10

Wisconsin condong ke Partai Demokrat, tetapi menjadi salah satu negara bagian yang dimenangi Trump pada Pilpres AS 2016.

Karena lonjakan dalam pemungutan suara di tengah pandemi virus corona - serta berbagai aturan negara bagian tentang kapan surat suara dapat dihitung - hasilnya mungkin tidak akan diketahui pada Hari Pemilu, Selasa (3/11/2020).

Terdapat 538 pemilih di Electoral College dan salah satu calon perlu mendapatkan 270 untuk mendapatkan mayoritas dan menjadi Presiden Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini