Gara-Gara Hutan Amazon, Presiden Brasil Ingin Trump Menang

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Kamis 05 November 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 18 2304559 gara-gara-hutan-amazon-presiden-brasil-ingin-trump-menang-c1hgyRHdm8.jpg Donald Trump dan Jair Bolsonaro. (Foto: Reuters)

BRASILIA - Meskipun pengumuman hasil Pemilu Amerika Serikat (AS) belum mendapatkan hasil yang pasti. Meski demikian, dukungan untuk calon presiden baik Donald Trump maupun Joe Biden terus mengalir.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menegaskan kembali dukungannya untuk Presiden Donald Trump. Meskipun dia tidak mengomentari secara langsung calon pemenang pemilihan ketat AS.

"Anda tahu posisi saya, jelas saya memiliki kebijakan yang baik dengan Trump, saya berharap dia akan terpilih kembali," katanya seperti dilansir dari Reuters.

Menurutnya, jika terpilih menjadi presiden Amerika, Joe Biden akan ikut campur dalam masalah-masalah seperti hutan hujan Amazon. "Kandidat Demokrat pada dua kesempatan berbicara tentang Amazon. Itukah yang Anda inginkan untuk Brasil? Ikut campur dari luar?” tambah dia.

Bolsonaro adalah populis sayap kanan, yang menyebut dirinya mirip dengan figur Donald Trum. Bahkan, dia menjuluki dirinya sebagai "Trump Tropis." Memang, Presiden AS belum sepenuhnya mengubah hubungan AS-Brasil seperti yang diharapkan Brasilia, tetapi dia adalah sekutu ideologis utama Bolsonaro.

Jika Biden dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden setelah semua suara dihitung, dia dapat menempatkan masalah lingkungan dan hak asasi manusia di atas semua agenda AS-Brasil, dan memperumit hubungan serta membahayakan perdagangan.

Bolsonaro pun disarankan oleh para staffnya untuk menunggu hasil resmi, sebelum memberi selamat kepada Trump atas kemenangannya. (mrt)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini