KTT ASEAN-China, Presiden Jokowi Bicara Soal Perdamaian di Laut Cina Selatan

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 12 November 2020 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 18 2308703 ktt-asean-china-presiden-jokowi-bicara-soal-perdamaian-di-laut-cina-selatan-caHdJyOjlS.JPG Kapal induk Amerika Serikat berlayar di Laut Cina Selatan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali membahas mengenai situasi di kawasan Laut Cina Selatan dalam pertemuan tingkat tinggi ASEAN, Kamis (12/11/2020).

Berbicara selama keterangan pers di Istana Bogor, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa isu Laut China Selatan menjadi salah satu bahasan pada KTT Asean-China.

BACA JUGA: Hadiri KTT Ke-37 ASEAN, Jokowi Bahas Kerja Sama Vaksin Covid-19

Pada kesempatan tersebut, Presiden kembali menegaskan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional agar terciptanya perdamaian dan kestabilan di kawasan Laut Cina Selatan.

"Presiden kembali menekankan pentingnya penghormatan hukum internasional di Laut Cina Selatan jika kita ingin melihat Laut Cina Selatan damai dan stabil," kata Menlu Retno pada Kamis.

"Presiden menekankan pentingnya semua pihak menahan perilaku yang meningkatkan tensi."

Laut Cina Selatan adalah perairan penting yang disengketakan oleh beberapa negara ASEAN dan China, dan menyebabkan ketegangan antara pihak-pihak pengklaim.

Beijing yang mengklaim sebagian besar wilayah tersebut dengan apa yang disebut sebagai "sembilan garis putus-putus" seringkali mengirimkan kapal militer dan memasuki wilayah yang disengketakan.

BACA JUGA: Indonesia Berharap AS dan China Tak Picu Ketegangan di Laut China Selatan

KTT ASEAN-China merupakan salah satu dari tujuh pertemuan yang diikuti Presiden Jokowi selama hari pertama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-37 hari ini.

Pertemuan tingkat tinggi para pemimpin organisasi negara Asia Tenggara dan negara-negara mitra ini akan berlangsung hingga 15 November 2020.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini