Arloji Saku Mahatma Gandhi Laku Seharga Rp227 juta

Susi Susanti, Koran SI · Senin 23 November 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 18 2314610 arloji-saku-mahatma-gandhi-laku-seharga-rp227-juta-P7wgmNfweO.jpg Foto: BBC

INGGRIS - Arloji saku ini bukan sembarang arloji. Meski sudah usang dan rusak, arloji bersejarah milik Mahatma Gandhi berhasil dijual seharga 12.000 poundsterling (Rp227 juta).

Lelang ini dilakukan di East Bristol Auctions, Inggris pada Jumat 20/11). Juru lelang Andrew Stowe mengatakan pembeli adalah kolektor pribadi yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Penjualan ini melampaui target, karena awalnya arloji itu diperkirakan hanya seharga 10.000 poundsterling (Rp189 juta). Sebelumnya, lelang sepasang kacamata, yang diyakini telah dikenakan oleh Gandhi, dijual seharga 260.000 poundsterling pada Agustus lalu.

(Baca juga: Telepon Presiden AS Terpilih Joe Biden, PM Jacinda Ardern Tawarkan Cara Tangani Covid-19)

“Setelah penjualan Kacamata Gandhi kami yang luar biasa pada bulan Agustus, kami dibanjiri permintaan barang yang berkaitan dengannya Banyak dari barang-barang itu adalah koin, foto atau gambar, tapi kemudian yang ini masuk dan kami hanya berpikir wow,” terangnya, dikutip BBC.

“Ini adalah bagian sejarah yang luar biasa dan fakta bahwa benda itu begitu usang dan rusak menambah pesonanya,” kata Stowe.

“Untuk berpikir ini digunakan oleh Gandhi selama bertahun-tahun, dan kemudian diserahkan kepada seorang teman tepercaya yang kemudian juga menghargainya, sungguh luar biasa,” tambahnya.

Seegai informasi, arloji bersejarahan itu dulunya milik Mohanlal Sharma, seorang tukang kayu dan pengikut Gandhi.

Pada 1936, dia melakukan perjalanan untuk bertemu dengan Gandhi dan menjadi sukarelawan untuk jasanya. Sebagai ucapan terima kasih atas pengabdiannya, Gandhi memberinya arloji saku pada 1944. Lalu Sharma memberikan kepada cucunya pada 1975, sebelum berakhir di pelelangan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini