Ambar Susanti, Guru Honorer yang Jalan Kaki Belasan Kilometer Demi Mendidik Muridnya

Hana Purwadi, iNews · Rabu 25 November 2020 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 519 2316215 ambar-susanti-guru-honorer-yang-jalan-kaki-belasan-kilometer-demi-mendidik-muridnya-2s3L1bV115.png Ambar Susanti saat mengajari muridnya (foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO - Ambar Susanti (35), warga Jalan Mastrip, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur sosok guru honorer yang pantang menyerah.

Setiap hari, ia harus berjalan kaki belasan kilometer untuk ke sekolah mendidik murid- muridnya. Disaat pendemi Covid -19, ibu beranak satu ini menambah jarak tempuh karena harus mendatangi muridnya satu persatu agar tidak ketinggalan pelajaran di sekolah.

Selain itu, untuk menambah pundi-pundi rupiah disela-sela kesibukanya dimanfaatkan untuk membuat kerajinan dan dijualnya.

Baca juga:

Guru Profesi Mulia, Nadiem: Terima Kasih Telah Menjadi Pelukis Masa Depan   

Hari Guru Sedunia, Kreativitas & Dedikasi Diperlukan di Masa Pandemi

Saat ini, Ambar Susanti, mengabdi di SDN Lemahkembar, Kabupaten Probolinggo, yang sebelumnya pernah menjadi guru honorer di SDN Mentor II, Pesisir II.

"Saya mengajar sudah 15 tahun, dan menjadi guru itu pilihan hidup saya," kata Ambar, Rabu (25 /11/2020).

 

Saat ditanya soal honor menjadi guru, ia hanya tersenyum dan enggan menceritakanya, hanya saja biasanya untuk menambah penghasilan dirinya berkreasi menekuni handmade, seperti seni rajut, souvenir penikahan.

"Jangan membahas honor kurang etis, yang terpenting saya bisa terus mengajar, dan saya menekuni souvenir untuk menambah rezeki," tegasnya.

Hanya saja Ambar berpesan, agar piihak sekolah tetap mendukung para tenaga honorer termasuk hak dan kewajiban tenaga honorer.

"Seperti yang saya alami dampak pindah-pindah tugas sekolah, berakibat data saya ke pusat tidak masuk, dan honor saya error dan tidak mendapatkan haknya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini