Setelah Setahun, Pelaku Pembantaian Keluarga Mormon di Meksiko Akhirnya Ditangkap

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 26 November 2020 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 18 2316536 setelah-setahun-pelaku-pembantaian-keluarga-mormon-di-meksiko-akhirnya-ditangkap-puECShu7nF.jpg Mobil rombongan keluarga Mormon habis terbakar setelah diserang kartel di Gurun Sonora, Meksiko, 4 November 2019. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Pihak berwenang di Meksiko telah menangkap tersangka utama dalam pembunuhan sembilan anggota komunitas Mormon di Gurun Sonora. Penangkapan itu terjadi sekira setahun setelah insiden yang menyebabkan ketegangan hubungan Amerika Serikat (AS) dengan Meksiko itu.

Tiga wanita dan enam anak-anak, semuanya berkewarganegaraan ganda AS-Meksiko dibunuh dalam sebuah penyergapan saat sedang berkendara melalui Gurun Sonoran pada November 2019. Delapan dari anak-anak tersebut selamat dari serangan.

BACA JUGA: Sedikitnya Lima Warga AS Tewas dalam Serangan Kartel Narkoba di Meksiko

Tidak jelas mengapa keluarga-keluarga itu diserang, tetapi satu teori menyatakan bahwa mereka oleh La Línea dikira sebagai anggota kartel saingan.

Kantor Jaksa Agung Federal Meksiko pada Rabu (25/11/2020) mengatakan bahwa Roberto N diyakini sebagai "arsitek intelektual" serangan itu. Pria yang dikenal sebagai “The Mute” dan “The 32” itu adalah pimpinan kartel La Línea.

Diwartakan BBC, Roberto dan dua tersangka lainnya, yang diduga dari anggota kartel yang sama ditangkap di Nuevo Casas Grandes, Negara Bagian Chihuahua. Lima pucuk senjata juga disita dalam penangkapan tersebut.

Penangkapan itu dilakukan pada Senin (23/11/2020) oleh jaksa federal yang telah bekerja secara independen dari pejabat di tingkat negara bagian untuk menghindari kebocoran dalam kasus tersebut.

Ketiga tahanan tersebut telah dipindahkan ke ibu kota, Mexico City, untuk dituntut.

Dua tersangka kunci lainnya sudah ditahan sehubungan dengan kasus tersebut, termasuk seorang yang ditangkap pada hari peringatan serangan tersebut. Sejumlah tersangka anggota La Línea juga telah ditangkap.

BACA JUGA: Keluarganya Diserang Kartel Meksiko, Remaja 13 Tahun Berjalan 23 Km Mencari Bantuan

Duta Besar AS untuk Meksiko, Christopher Landau, mengucapkan selamat kepada pasukan keamanan Meksiko atas penangkapan tersebut, menulis di Twitter: "Kerja sama yang sangat baik antara otoritas kedua negara. Akan ada keadilan!"

La Línea adalah faksi kartel Juárez dan terlibat dalam penyelundupan senjata dan narkoba antara Negara Bagian Chihuahua utara dan Amerika Serikat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini