Jalan Provinsi Longsor, Akses Lalu Lintas Putus Total

Wahyu Sikumbang, iNews · Jum'at 27 November 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 340 2317481 jalan-provinsi-longsor-akses-lalu-lintas-putus-total-l5ZScKT7Ry.png Jalan provinsi menuju Kota Padang putus akibat longsor. (Foto: Wahyu Sikumbang)

AGAM - Tanah longsor kembali terjadi di jalan Provinsi, jalur alternatif dari Kota Bukittinggi menuju Kota Padang, tepatnya di kawasan Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Material longsor menimbun badan jalan jalur Balingka-Malalak, sepanjang sekitar 200 meter dengan kedalaman 300 hingga 500 meter. Material longsor juga menimpa empat tiang listrik hingga mengakibatkan jaringan listrik putus. Bencana longsor ini mengakibatkan akses lalu lintas putus total.

(Baca juga: Tidak Ada Nama Tengku Zulkarnain pada Kepengurusan MUI 2020-2025) 

Danramil Ampek Koto, Kapten Army Parulian Nasution menyebutkan, longsor terjadi sekitar pukul 02.00 wib, Jumat (27/11/2020) dini hari menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah sekitar. Menurutnya, longsor tersebut merupakan longsor susulan, setelah sebelumnya, pada Kamis terjadi dua kali longsor.

“Telah terjadi longsor susulan pada Jumat dini hari. Saat ini akibat longsor jalan si Cincin Malalak Balingka tertutup total, tidak bisa dilalui roda empat maupun roda dua,” ujarnya.

Dia menambahkan, satu unit alat berat dari Dinas PUPR propinsi sedang bekerja dan rencananya akan didatangkan 4 alat berat lagi untuk mempercepat pembukaan akses jalan. “Kondisi terakhir listrik padam karena 4 tiang listrik roboh ditimpa longsor,” terangnya.

(Baca juga: KPK Tangkap Edhy Prabowo, Dewi Tanjung: Novel Baswedan Bekerja Tidak Profesional!)

Dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa dan materil. Sementara listrik di lokasi kejadian padam, setelah empat tiang listrik roboh dihantam material longsor. Petugas mengimbau warga agar mencari jalan lain, karena saat ini jalan tidak bisa dilalui.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini