Parigi Moutong Diguncang 3 Kali Gempa Beruntun, Ini Penjelasan BMKG

Qur'anul Hidayat, Okezone · Minggu 29 November 2020 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 340 2318149 parigi-moutong-diguncang-3-kali-gempa-beruntun-ini-penjelasan-bmkg-wDhfZMPFv4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, wilayah Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, diguncang 3 kali gempa, Minggu (29/11/2020).

Gempa pertama terjadi pukul 01.26 Wita, di wilayah Palasa, Parigi Moutong dengan Magnitudo 4,7. Gempa terjadi pada koordinat episenter pada 0.58 LU dan 120.46 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 38 km Barat Daya Parigi Moutong. Kedalaman hiposenter 10 km. 

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Abraham F. Mustamu mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. 

Ilustrasi. (Foto: Shuttterstock)

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Palasa, Parigi Moutong dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Baca juga: Minggi Pagi, Sukabumi Diguncang Gempa Bumi

Setelah gempa tersebut, terjadi dua kali gempa susulan, yakni pukul 01.32 WITA dengan mMagnitudo 4.2 dan pukul 01.37 WITA dengan Magnitudo 4.3.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Parigi Moutong dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg. Atau melalui Telegram (https://t.me/InaTEWS_BMKG) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini