Minggu Depan, Inggris Siap Vaksinasi Covid-19 Secara Massal

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 02 Desember 2020 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 18 2320419 inggris-siap-vaksinasi-covid-19-massal-minggu-depan-PYhJZvcVPC.jpg Foto: Reuters

INGGRISPemerintah Inggris resmi menyetujui vaksin Covid-19 Pfizer / BioNTech. Ini membuka jalan bagi vaksinasi massal yang akan segera dimulai pada minggu depan.

Para pejabat mengatakan pemerintah telah memesan sebanyak 40 juta dosis vaksin dan akan mulai tersedia pada minggu depan. Pengiriman pertama vaksin yang dibuat oleh Pfizer / BioNTech dijadwalkan antara 7 Desember dan 9 Desember.

Pengumuman ini dibuat tepat setelah pukul 07.00 waktu setempat setelah banyak warga Inggris mengabaikan pembatasan nasional dan toko kembali dibuka.

“Bantuan sedang dalam perjalanan. MHRA telah secara resmi mengesahkan vaksin Pfizer / BioNTech untuk Covid-19,” terang Menteri Kesehatan Matt Hancock.

Saat wawancara dengan Sky News, Hancock menambahkan akan ada tiga mode pengiriman vaksin.

“Yang pertama adalah rumah sakit itu sendiri, yang tentu saja kami punya fasilitas seperti ini. 50 rumah sakit di seluruh negeri sudah didirikan dan menunggu untuk menerima vaksin segera setelah disetujui, sehingga sekarang bisa terjadi,” terangnya.

(Baca juga: Setelah Geger di Media Sosial, Polisi Mesir Lepaskan Fotografer dan Model yang Berfoto di Situs Kuno Mesir)

“Juga pusat vaksinasi, yang akan menjadi pusat besar tempat orang bisa mendapatkan vaksinasi. Mereka sedang disiapkan sekarang,” ujarnya.

“Juga akan ada peluncuran komunitas, termasuk dokter umum dan apoteker,” lanjutnya.

“Sekarang, tentu saja, karena kondisi penyimpanan -70C vaksin ini, mereka akan dapat mendukung peluncuran ini di mana mereka memiliki fasilitas tersebut,” tambahnya.

“Tapi mereka juga akan berada di sana jika vaksin AstraZeneca disetujui karena vaksin itu tidak memiliki persyaratan penyimpanan dingin ini sehingga secara operasional lebih mudah untuk diluncurkan,” jelasnya.

“Kami adalah negara pertama di dunia yang memiliki vaksin resmi secara klinis untuk diluncurkan,” tegasnya.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) akan mulai melakukan vaksinasi awal minggu depan. Inggris adalah negara pertama di dunia yang memiliki pasokan vaksin yang disetujui secara klinis.

Sementara itu, juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial (DHSC) mengatakan pemerintah hari ini telah menerima rekomendasi dari Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) independen untuk menyetujui vaksin Covid-19 Pfizer / BioNTech untuk digunakan.

Peresmian vaksinasi ini telah mengikuti uji klinis yang ketat selama berbulan-bulan dan analisis menyeluruh terhadap data oleh para ahli di MHRA yang telah menyimpulkan vaksin tersebut telah memenuhi standar keamanan, kualitas dan efektivitas yang ketat.

“Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) juga akan segera mempublikasikan saran terbarunya bagi kelompok prioritas untuk menerima vaksin, termasuk penghuni panti jompo, staf kesehatan dan perawatan, orang tua dan mereka yang secara klinis sangat rentan,” terang juru bicara itu, dikutip Daily Mail.

Beberapa hari yang lalu, rumah sakit di Inggris diberitahu untuk mempersiapkan peluncuran vaksin Covid-19 dalam 10 hari. Vaksin ini dilaporkan 95 persen efektif dan harus disimpan pada suhu yang sangat rendah.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini