Warga Temukan Batu Bergambar Nyai Gadung Melati, Sosok Mistis Gunung Merapi

krjogja.com, · Minggu 27 Desember 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 510 2334396 warga-temukan-batu-bergambar-nyai-gadung-melati-sosok-mistis-gunung-merapi-etmuWI5gR0.jpg Batu bergambar Nyai Gadong Melati (Foto:Krjogja)

GUNUNG Merapi menyimpan banyak tokoh mitologi. Salah satunya Nyai Gadung Melati. Konon, Nyai Gadung Melati merupakan sosok perempuan (ibu muda) berparas cantik. Ia diyakini sebagai pemimpin mahluk halus di Gunung Merapi.

Diambil dari blog mistikologi.com, legenda yang berkembang, sebelum meninggal Nyai Gadung Melati hidup bersama anak semata wayang. Suatu ketika, sang anak ingin kebun pekarangan rumahnya asri, dan tanamannya tumbuh subur. Namun, karena tanahnya gersang, permintaan anak tidak dapat dipenuhi. 

Nyai Gadung lantas membuat sayembara. Barang siapa mampu membuat perairan hingga ke pekarangan rumahnya dan membuat tanaman tumbuh subur, maka akan menjadi saudaranya bagi yang perempuan, atau menjadi suaminya bagi yang laki-laki. Setelah semua orang gagal, maka Ki Ageng Sukuh mampu memenuhi sayembara tersebut.

Pada akhirnya, Nyai Gadung ingkar. Ia enggan menikah bersama Ki Ageng Sukuh karena dianggap sudah tua renta dan peyot. Saat diingkari itulah, Nyai Gadung mendapat kutukan Ki Ageng menjadi arca, di Desa Sukuh, kawasan lereng Gunung Merapi.

Sejak saat itu, Nyai Gadung dianggap mampu hadir kembali. Ia masih hidup di alam lain, dan masih menyayangi warga lereng gunung.

Terekam Batu Gambar

Seorang warga Kalasan Sleman secara tak sengaja mendapatkan akik batu klawing bergambar sosok ibu muda menaungi gunung berapi. Pada batu klawing tersebut juga tergambar semacam dapur magma. Gambar gunung pada batu tersebut mirip Gunung Merapi, sebelum bentuk kawahnya terpotong akibat erupsi 2010.

Pelaku spiritual Raden Muhammad Bagus Buwana menganalisa batu gambar tersebut dengan mata batinnya. Dia menyebut, batu tersebut ada kaitan dengan legenda Nyai Gadung Melati. “Dari gambar yang terbentuk secara alami, batu ini terkait legenda Merapi,” katanya.

Ada pesan yang disampaikan dari gambar pada batu tersebut. Sosok perempuan cantik merupakan daya tarik. Artinya, tambahnya , secara spesifik jika bicara aura, menurut spiritualis Perguruan Assalam Bantul ini, batu tersebut mempunyai aura atau khodam untuk menarik perhatian dan simpati. Menguatkan pesona yang memakai atau memiliki.

Gambar Gunung Merapi memberi isyarat bahwa aura atau khodam yang ada bisa untuk membangun kemakmuran. Karena gunung merupakan simbol kehidupan dan kemakmuran.

“Secara luas batu gambar tersebut menyampaikan pesan alam kepada kita untuk menjaga ekosistem dan harmonisasi dalam kehidupan. Menghormati semua makhluk dan menjaga akosistem. Gunung Merapi dianggap sebagai ‘makhluk’ yang kuat dan menyimpan energi luar biasa. Sedangkan gambar perempuan mirip seperti ibu muda, selama ini dianggap sebagai makhluk lemah. Toh pada gambar ini antara Gunung Merapi dan sosok perempuan kelihatan rukun. Bahkan si perempuan terlihat menaungi gunung dengan membujur tengkurap di atas kawah. Pesan tentang kehidupan yang sangat dalam,” paparnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini