Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19, Ini Prioritas Diplomasi Indonesia pada 2021

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 06 Januari 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 18 2339881 beradaptasi-dengan-pandemi-covid-19-ini-prioritas-diplomasi-indonesia-pada-2021-jNL3OZgVKk.jpeg Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia melakukan pemfokusan ulang (refocusing) pada prioritas diplomasinya di tahun 2021. Langkah ini diperlukan untuk beradaptasi dengan kondisi dunia di tengah pandemi global Covid-19.

Memberikan pemaparan pada Pernyataan Pers Tahunan, Rabu (6/1/2021), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan yang besar secara global.

BACA JUGA: Ini Sederet Keberhasilan Kemenlu Selama 2019 dan Target Capaian 2020

“Dunia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Agar dapat berkontribusi diplomasi Indonesia dituntut untuk Anticipative (antisipatif); Adaptive (adaptif); dan Agile (tangkas),” jelasnya.

Retno mengatakan, selama pandemi, Kemlu RI telah melakukan refocusing pada tiga prioritas diplomasinya yaitu: pelindungan WNI, upaya mengatasi pandemi Covid-19, baik dari aspek kesehatan atau dampak sosial ekonomi, dan upaya untuk berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas dunia.

Selain ketiga prioritas yang difokuskan ulang tersebut, Indonesia juga memiliki prioritas diplomasi lain untuk 2021, di antaranya terkait upaya menjaga kedaulatan wilayah NKRI, pembangunan kemandirian dan ketahanan kesehatan nasional, serta upaya mendukung pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA: Di Hadapan Utusan Asing, Menlu Retno Tegaskan Menolak Klaim China Atas Natuna

Disampaikan Retno bahwa pandemi Covid-19 ini telah memberikan pelajaran berharga mengenai pentingnya kerja sama global untuk memperkokoh infrastruktur dan tata kelola kesehatan, ketahanan ekonomi dunia, serta multilateralisme.

“Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berat bagi kita semua dan bagi dunia. Namun kita perlu terus berikhtiar dan optimis. Optimisme inilah yang harus terus kita perkuat memasuki tahun 2021,” ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini