Trump Suruh Pendukungnya Pulang Setelah Kerusuhan di Gedung Capitol

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 07 Januari 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 18 2340322 trump-suruh-pendukungnya-pulang-setelah-kerusuhan-di-gedung-capitol-qtCg3haxw0.jpg Foto: YouTube.

WASHINGTON, DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump merilis pesan video setelah kerusuhan yang terjadi di Gedung Capitol, Washington, DC pada Rabu (7/1/2021). Dalam pesannya, Trump mengatakan dia “mengerti perasaan para pendukungnya”, tetapi meminta mereka untuk pulang.

“Saya tahu rasa sakitmu. Saya tahu kamu terluka. Kita mendapatkan pemilu yang dicuri dari kita,” kata Trump dalam video yang dirilis menyusul cuitan di Twitter yang menyerukan agar para pendukungnya tenang.

BACA JUGA: Seorang Wanita Tewas Ditembak dalam Penyerbuan Capitol, Virginia Umumkan Keadaan Darurat

"Ini adalah pemilu yang curang, tetapi kita tidak bisa bermain-main dengan orang-orang ini," kata Trump sebagaimana dilansir RT, mengatakan bagaimana orang-orang diperlakukan dengan buruk.

“Kami menyayangi Anda. Anda sangat istimewa," kata Trump kepada para pendukungnya, menambahkan mereka harus "pulang dan pulang dengan damai".

Video: YouTube/CBS17.

Sebagaimana diberitakan, ratusan pendukung Trump berupaya membatalkan kekalahannya dalam pemilihan dan menyerbu Capitol, sehingga Kongres terpaksa menunda sesi penghitungan suara untuk mengesahkan kemenangan Biden.

Seorang wanita tewas ditembak dalam kerusuhan, yang memaksa Gubernur Virginia Ralph Northam mengumumkan keadaan darurat.

BACA JUGA: Biden Sebut Penyerbuan Gedung Capitol oleh Pendukung Trump sebagai Pemberontakan

Presiden Terpilih AS, Joe Biden menyebut kekacauan yang terjadi di Washington, DC sebagai sebuah pemberontakan.

"Ini bukan protes, ini pemberontakan," kata Biden dalam pidatonya dari Wilmington, Delaware. Dia memnta Trump dan pendukungnya untuk “move on” dan membiarkan proses demokrasi berjalan.

Sidang Kongres AS di Capitol sendiri telah kembali berjalan setelah aparat mengambil tindakan dan menyatakan kondisi telah kembali aman.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini