Gempa M5,8 Guncang Enam Daerah di Bengkulu

Demon Fajri, Okezone · Kamis 07 Januari 2021 01:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 340 2340179 gempa-m5-8-guncang-enam-daerah-di-bengkulu-YnlCF7jscQ.jpg ilustrasi: shutterstock

BENGKULU - Gempa tektonik dengan Magnitudo (M=) 5,8 mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Kamis (7/01/2021), pukul 00.28 WIB. Gempa ini berlokasi di 4.50 Lintang Selatan (LS) - 102.54 Bujur Timur.

(Baca juga: Pengakuan Mengejutkan Pinangki: Kejagung Mengetahui Keberadaan Djoko Tjandra di Malaysia!)

Di mana gempa Bengkulu itu berada di 41 Kilometer (Km) Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Selatan, 47 km Tenggara, Kabupaten Seluma, 84 km Timur Laut Kota Bengkulu, 84 km Tenggara Kabupaten Bengkulu Tengah, 510 km Barat Laut, Jakarta.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, gempa M=5,8 merupakan gempa dengan kategori dangkal yang berpusat di Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Gempa itu, kata Sabar, dirasakan di sejumlah daerah di Bengkulu. Seperti di Kota Bengkulu, IV-V MMI, Manna, Kabupaten Bengkulu, IV MMI, Kepahiang III-IV MMI, Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara, III MMI, Kabupaten Rejang Lebong III MMI, Kabupaten Bengkulu Tengah, III MMI.

Tidak hanya itu, di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, III MMI, Pagar Alam, Sumatera Selatan III MMI, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, III MMI, Pesisir Barat, Sumatera Barat, II-III MMI, dan Liwa, Lampung, II-III MMI.

''Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan disejumlah daerah di Bengkulu dan provinsi tetangga,'' kata Sabar, saat dikonfirmasi okezone, Kamis (7/01/2021).

Gempa di Kabupaten Bengkulu Selatan, terang Sabar, merupakan gempa dengan kedalaman dangkal, akibat aktivitas zona subduksi. Di mana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

''Masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,'' demikian Sabar.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini