Perusahaan Makanan Hewan AS Tarik Produknya Setelah 70 Anjing Mati

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 14 Januari 2021 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 18 2344558 perusahaan-makanan-hewan-as-tarik-produknya-setelah-70-anjing-mati-Y4eYQyBIPX.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDIANAPOLIS - Produsen makanan hewan Amerika Serikat (AS) menarik kembali beberapa produknya setelah setidaknya 70 anjing mati dan 80 lainnya sakit. Midwestern Pet Foods, yang berbasis di Indiana, mengatakan penarikan tersebut memengaruhi merek Sportmix dan label lainnya.

Pengujian menunjukkan bahwa makanan tersebut memiliki tingkat aflatoksin, produk sampingan dari jamur yang tumbuh di jagung dan biji-bijian lainnya, yang berpotensi tidak aman.

BACA JUGA: Persidangan Mafia Terbesar Digelar di Italia, Lebih dari 350 Orang Diadili

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sedang melakukan penyelidikan.

"Pada 11 Januari 2021, FDA mengetahui lebih dari 70 hewan peliharaan yang telah mati dan lebih dari 80 hewan yang sakit setelah makan makanan hewan Sportmix," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir BBC.

Perusahaan itu awalnya mengumumkan penarikan kembali beberapa produk Sportmix pada Desember setelah kematian 28 anjing, CBS News melaporkan. Menurut FDA, pengujian oleh Departemen Pertanian Missouri menemukan aflatoksin tingkat tinggi.

Penarikan kembali diperluas minggu ini untuk memasukkan merek lain setelah lebih banyak kematian terungkap.

BACA JUGA: Pilot Maskapai Emirates Dihukum karena Menolak Terbang ke Israel

Gejala di antara hewan yang keracunan aflatoksin termasuk muntah, lesu, dan kehilangan nafsu makan.

Midwestern mengatakan penarikan kembali produk makanan hewan itu saat ini termasuk merek Sportmix, Pro Pac Originals, Splash, Sportstrail dan Nunn Better makanan anjing dan kucing kering yang diproduksi di pabrik Oklahoma-nya yang memiliki tanggal kedaluwarsa pada atau sebelum 9 Juli 2022.

"Kami melanjutkan tinjauan menyeluruh terhadap fasilitas dan praktik kami dalam kerja sama penuh dengan FDA dalam upaya untuk melayani pelanggan dan orang tua hewan peliharaan kami yang telah mempercayai kami dengan lebih baik," kata perusahaan itu.

Dalam peringatan pada Senin (11/1/2021), FDA mengatakan sedang menasihati publik "tentang tingkat yang berpotensi fatal dari aflatoksin dalam produk makanan hewan Midwestern yang mungkin masih ada di rak-rak toko, online atau di rumah pemilik hewan peliharaan".

Midwestern Pet Foods adalah perusahaan milik keluarga yang didirikan pada 1926 dan berpusat di Evansville, Indiana. Dalam pernyataannya, mereka mengatakan tidak pernah harus menarik produk sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini