2 Korban Meninggal Longsor Sumedang Ditemukan, 9 Masih Terus Dicari

Arif Budianto, Koran SI · Minggu 17 Januari 2021 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 525 2345843 2-korban-meninggal-longsor-sumedang-ditemukan-9-masih-terus-dicari-CAoa9I99r1.jpg Tim SAR saat mengevakuasi korban meninggal bencana tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Ist/Humas SAR)

BANDUNG - Dua korban tewas longsor Sumedang persisnya di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung,  pagi ini berhasil ditemukan Tim SAR gabungan. Korban tewas longsor ditemukan di sekitar lapangan voli dan tempat hajatan.

Atas penemuan tersebut, total masih ada sembilan orang lainnya yang belum diketahui nasibnya. Sementara total korban meninggal yang telah ditemukan mencapai 31 orang.

"Dua korban kembali ditemukan tim SAR gabungan di wilayah sektor 1, yaitu tempat hajatan dan lapangan voli," kata Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansah, Minggu (17/1/2021).

Baca Juga: Pencarian Santri Tertimbun Bangunan Ponpes Al Madaroh Cianjur Dihentikan Sementara

Penemuan korban pertama pada pukul 10.34 WIB berjenis kelamin perempuan dewasa. Selanjutnya pada pukul 10. 47 WIB Tim SAR gabungan kembali menemukan korban berjenis kelamin perempuan dalam keadaan meninggal dunia.

"Kedua korban di evakuasi menggunakan ambulans ke Posko DVI Polda Jabar di Puskesmas Sawah Dadap untuk dilakukan identifikasi," jelas dia.

Untuk mengevakuasi korban, tim SAR menggunakan APD lengkap, lengkap dengan petugas yang menyemprot desinfektan. Korban longsor, telah tertimbun tanah sekitar sembilan hari lamanya.

Operasi SAR hari kesembilan, difokuskan pada 2 sektor. Yaitu sektor 1 di rumah hajatan dan lapang voli serta sektor 2 di rumah terdampak pada longsoran pertama.

Adapun alat yang digunakan yaitu 3 Unit Excavator, Peralatan Ekstrikasi, Peralatan komunikasi, Peralatan medis dan APD Personal. Unsurs SAR yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, PUPR, BPBD Pov Jabar & Sumedang, TNI/POLRI, TIM DVI Polda Jabar, PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang dan Potensi SAR Jawa Barat dengan total personil 273 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini