KSAD Pastikan TNI AD Maksimalkan Evakuasi Korban Gempa Mamuju Sulbar

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 21 Januari 2021 21:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 340 2348688 ksad-pastikan-tni-ad-maksimalkan-evakuasi-korban-gempa-mamuju-sulbar-1eo3aXpCQJ.jpg KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Youtube TNI AD)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menggelar telekonferensi bersama dengan jajaran petinggi TNI AD, terkait dengan penanganan evakuasi korban gempa bumi yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).  

Dalam kesempatan itu, Andika memastikan pihak TNI AD akan memaksilkan proses evakuasi korban bencana alam tersebut.

"TNI AD akan mendorong segala kebutuhan dalam proses evakuasi korban bencana alam gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat," kata Andika sebagaimana dilansir dari akun media sosial TNI AD, Jakarta, Kamis (21/1/2021). 

Menurut Andika, persiapan pun dilakukan baik dari segi pendorongan alat transportasi udara oleh Puspenerbad dengan mengirimkan Heli Bell 412 sebanyak 2 unit, MI-17 sebanyak 1 unit dan Kasa 1 unit. 

Baca juga: Gempa Terasa Kuat di Pulau Miangas, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Selain itu juga Pusbekang akan mengirimkan perbekalan, baik kapal laut sebanyak 4 unit, sembako, tenda serta kebutuhan posko darurat.  

Lalu, Pusziad serta Pushubad juga mengirimkan bantuan untuk penanganan gempa di Mamuju seperti 7 unit excavator, jembatan belly sepanjang 60 meter, genset besar dan kecil, alat komunikasi repeater 6 unit, 80 HT, solar cell, dan 5 hp satelit. 

Selain itu, Kapuskesad juga sudah mengirimkan bantuan obat-obatan, melalui Dandenkes Pare-Pare dengan membawa 17 personel dan 3 ambulan. 

"Kami TNI AD akan membantu apa yang perlu kami bantu, agar setiap kebutuhan penanganan evakuasi korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulbar. Segala keperluan akan kami tuntaskan dan selambat-lambatnya hari Senin sudah kami dorong bantuan ini," ujar Andika. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini