Biden Tandatangani 10 Keppres untuk Perangi Covid-19

Agregasi VOA, · Jum'at 22 Januari 2021 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 18 2349191 biden-tandatangani-10-keppres-untuk-perangi-covid-19-BZrHNN6iym.jpg Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bergerak secara agresif pada Kamis (21/1/2021) untuk meningkatkan perjuangan pemerintah nasional untuk membendung pandemi virus corona dengan menandatangani 10 perintah untuk meningkatkan produksi vaksin dan peralatan medis, sambil berusaha membuka kembali sekolah dan bisnis dengan aman.

Biden bergerak untuk meningkatkan pengujian virus corona secara nyata dan, pada saat yang sama, membuka 100 pusat vaksinasi komunitas yang didukung pemerintah federal di seluruh negeri dalam satu bulan ke depan.

BACA JUGA: Hubungan AS-China Diprediksi Tetap Panas di Era Biden

Enam belas juta orang Amerika telah divaksinasi sejauh ini, kurang dari 20 juta yang dijanjikan oleh para pejabat kesehatan dalam pemerintahan mantan Presiden Donald Trump akan divaksinasi selambatnya akhir Desember.

Gedung Putih mengatakan perintah Biden itu, ditopang oleh permintaannya kepada Kongres dana sebesar USD1,9 triliun dalam bentuk bantuan terkait virus corona, “akan membantu menjaga para pekerja tetap aman dan sehat, membuat lebih banyak orang Amerika kembali bekerja, dan pada akhirnya mengurangi penyebaran virus.”

Pandemi telah menewaskan lebih dari 406.000 orang Amerika dan menginfeksi 24,4 juta, menurut Universitas Johns Hopkins.

BACA JUGA: Pabrik Produsen Vaksin Terbesar di Dunia Kebakaran, 5 Tewas

Para pejabat Biden mengatakan kurangnya kerja sama dari pemerintahan Trump selama transisi menghambat kemampuan mereka untuk memahami rencana pendahulunya untuk distribusi vaksin. Namun Alex Azar, Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan dalam pemerintahan Trump, membela diri dengan kerja lembaganya tentang transisi awal bulan ini, dengan mengatakan lebih dari 300 pertemuan telah diadakan dengan tim transisi (ketika itu) Presiden Terpilih Biden sejak akhir November.

Gedung Putih mengatakan bahwa mulai bulan depan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) akan meluncurkan program federal untuk menyediakan vaksin ke apotek-apotek lokal. Saat ini, sebagian besar vaksin dibagikan di pusat-pusat pemerintah daerah atau diberikan kepada warga usia lanjut di panti-panti jompo.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini