4 Penyelundup 39 Migran Dihukum Penjara 78 Tahun

Susi Susanti, Koran SI · Sabtu 23 Januari 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 18 2349419 4-penyelundup-39-migran-dihukum-penjara-78-tahun-9rXuhuUz4p.jpg Foto: PA

INGGRIS - Empat orang penyelundup yang membunuh 39 migran Vietnam dengan membawa mereka ke Inggris dalam truk tertutup diputuskan dipenjara selama total 78 tahun.

Eamonn Harrison, 23, Maurice Robinson, 26, Rumania Gheorghe Nica, 43, Ronan Hughes, 40, ditangkap karena menyelundupkan warga non-Uni Eropa ke Inggris.

Hughes dipenjara selama 20 tahun, sementara fixer Nica - yang mengatur transportasi dari Essex ke London untuk warga negara asing - dijatuhi hukuman 27 tahun.

Robinson dijatuhi hukuman 13 tahun empat bulan, lalu Harrison - yang menurunkan trailer di Zeebrugge sebelum berlayar ke Inggris - dipenjara selama 18 tahun.

Penyelundup Harrison dan Nica dihukum atas 39 dakwaan pembunuhan.

Sedangkan Robinson juga mengakui 39 dakwaan pembunuhan sementara Harrison dinyatakan bersalah atas 39 dakwaan pembunuhan dan konspirasi untuk membantu imigrasi yang melanggar hukum.

Hughes dilaporkan mengepalai jaringan penyelundupan manusia jutaan poundsterling yang menggunakan truk perangkap maut dalam beberapa kesempatan. Aksinya ini dibayar hingga 14.000 poundsterling (Rp269 juta) per kepala untuk layanan “VIP”.

(Baca juga: Terkena Covid-19, Pasangan Ini Menikah di ICU, Lalu Pakai Ventilator)

“Saya tidak ragu bahwa, seperti yang ditegaskan oleh jaksa penuntut, konspirasi itu canggih, berjalan lama, dan menguntungkan untuk menyelundupkan sebagian besar migran Vietnam di seluruh saluran,” terang Hakim Sweeney, dikutip Daily Mail.

Aksi jahat mereka terbongkar pada Oktober 2019 ketika pengemudi Robinson membuka bagian belakang trailer berpendingin di sebuah kawasan industri di Grays, Essex. Saat bagian belakang dibuka, semburan uap dan bau dari 39 mayat pun menyentak.

(Baca juga: Hubungan Memanas dengan China, India Ganti Nama Buah Naga Menjadi Kamalam)

Selama persidangan, para hakim melihat rekaman mengerikan dari uap yang keluar dari kontainer ketika Robinson membuka pintu setelah berhenti di Eastern Avenue, Grays, pada pukul 01.13 pagi pada tanggal 23 Oktober 2019.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini