Kebakaran di Teluk Bayar Berasal dari Tumpukan Batu Bara di Pabrik

Rus Akbar, Okezone · Minggu 24 Januari 2021 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 340 2349999 kebakaran-di-teluk-bayar-berasal-dari-tumpukan-batu-bara-di-pabrik-PvTYGmi2qd.jpg Kebakaran di Teluk Bayur berasal dari tumpukan batu bara di pabrik. (Foto : Ist)

PADANG - Kebakaran yang terjadi di Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat, berasal dari tumpukan batu bara di aeral pabrik Apical Group. Sebelumnya, kebakaran diduga melanda kilang di Teluk Bayur.

Staf Humas PT Pelindo II, Budi Suprianto mengatakan, batu bara yang terbakar merupakan bahan bakar untuk pemanasan minyak sawit atau CPO. "Area terbakar merupakan bahan bakar untuk pemanasan CPO. Bahan bakarnya," ucapnya, Minggu (24/1/2021)

Budi menduga kebakaran batu bara dipicu lantaran suhu cuaca yang cukup panas.

"Mungkin karena cuaca panas kayak gini, batubara maupun cangkang itu kan enggak tahan panas. Karena suhu panas, batu bara kan mudah terbakar. Tidak ada alat yang ikut terbakar. Lokasinya juga jauh dari tangki biasanya itu," kata Budi.

Namun, Budi belum bisa memastikan total material batu bara yang terbakar. Begitupun terkait kerugian. Namun ditegaskannya, untuk produksi pabrik sudah kembali normal pascakebakaran.

"Banyaknya belum pasti, mungkin besok. Jadi ini tidak mempengaruhi produksi. Masih ada kapal yang jalan, saya konfirmasi di bongkar muat masih jalan," tuturnya.

Sementara Deputi General Manager Komersial PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Hendri Adolf menambahkan proses pemadaman api telah berhasil dilakukan dan dipastikan tidak ada korban jiwa.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Pelabuhan Teluk Bayur, Diduga Landa Kilang Minyak

"Berada di area pabrik Apical. Seperti semacam tempat penumpukan batu bara untuk kebutuhan pabriknya," katanya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini