Gelombang Ganas Menerjang Pesisir Utara, Tanggul Jebol Berantakan, Nelayan Takut Melaut

Agus Ismanto, iNews · Sabtu 30 Januari 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 519 2353548 gelombang-ganas-menerjang-pesisir-utara-tanggul-jebol-berantakan-nelayan-takut-melaut-iYcHXp7Dg1.jpg Gelombang laut di Pesisir Utara (Foto: Agus Ismanto)

GRESIK - Gelombang besar setinggi lebih dari 1 meter menerjang sejumlah wilayah di kawasan pesisir utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur dalam sepekan terakhir. Selain membuat panik warga sekitar, gelombang setinggi lebih dari 1 meter ini juga menghancurkan tanggul pemecah gelombang laut serta merusak sarana prasarana di sekitar pantai.

Ganasnya gelombang setinggi lebih dari 1 meter yang melanda sejumlah wilayah di kawasan pesisir utara Gresik sempat terekam video amatir dan viral di media sosial di Gresik.

Kondisi kerusakan terparah terjadi di Kampung Nelayan, Desa Ngimboh, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Sejumlah tanggul pemecah gelombang hancur, dan sarana prasarana di sekitar pantai mengalami kerusakan parah.

Baca Juga: Air Laut Masuk ke Pusat Perbelanjaan di Manado, BMKG: Kecepatan Angin 60 Km per Jam

Ganasnya gelombang juga merusak sejumlah ruas jalan di pinggir pantai hingga memacetkan arus lalu lintas karena pengguna jalan harus bergiliran melintas.

Tanggul jebol

Maskur, nelayan Desa Ngemboh menyebutkan kondisi cuaca buruk telah berlangsung dalam sepekan terakhir, karena ganasnya gelombang menyebabkan nelayan sekitar batal melaut khawatir diterjang gelombang.

"Nelayan takut melaut," katanya, Sabtu (30/1/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Ujungpangkah, Patah Hadi mengatakan, sejumlah ruas jalan hancur, dan tanggul pemecah gelombang rusak parah akibat terjangan gelombang. Pemerintah/sedang melakukan pendataan sejumlah kerusakan yang terjadi. Diharapkan pemerintah secepatnya melakukan perbaikan sehingga tidak melumpuhkan aktivitas ekonomi warga sekitar.

"Gelombang tadi malam memang cukup besar, kerusakan jalan sangat parah. Kami berharap PU segera mengecek ke lokasi," ujarnya.

Baca Juga:  Waspada, Gelombang Setinggi 6 Meter Berpotensi Melanda Perairan Indonesia

Kondisi cuaca buruk tahun ini tercatat paling tinggi dalam 10 tahun terakhir. Warga khawatir gelombang susulan terjadi lagi karena rusaknya sejumlah tanggul pemecah gelombang di sekitar pantai.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini