Share

Imunisasi di India, 12 Bayi Diberi Tetes Pembersih Tangan Alih-Alih Vaksin Polio

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 02 Februari 2021 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 18 2355291 imunisasi-di-india-12-bayi-diberi-tetes-pembersih-tangan-alih-alih-vaksin-polio-yFxVGn7JZI.jpg Ilustrasi. (Foto: Aaas)

NEW DELHI - Pihak berwenang di Negara Bagian Maharashtra, India, telah memerintahkan penyelidikan atas insiden di mana beberapa petugas kesehatan memberikan 12 bayi satu dosis pembersih tangan (hand sanitizer) sebagai pengganti tetes polio.

Berbicara kepada Sputnik pada Selasa (2/2/2021), Kepala Eksekutif Dewan Distrik Shrikrishna Panchal, mengatakan insiden tersebut terjadi di Pusat Kesehatan Utama Ghatanji di Yavatmal selama inisiatif imunisasi polio pada Minggu (31/1/2021) malam.

BACA JUGA: Israel Kirimkan Pasokan Pertama 2.000 Vaksin Covid-19 ke Palestina

"Anak-anak di wilayah Gram Panchayat (Badan Pemerintahan Desa) diberikan dosis polio sebagai bagian dari program imunisasi polio nasional. Selama itu 12 anak usia di bawah 5 tahun diberikan obat tetes tangan sebagai pengganti obat tetes polio," kata Panchal sebagaimana dilansir Sputnik.

Kemudian pada malam hari, bayi-bayi itu mulai muntah dan menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman setelah dirawat di rumah sakit.

"Meskipun mereka stabil, kami tetap mengawasi mereka. Sementara itu, berdasarkan penyelidikan primer, tiga petugas kesehatan telah diskors karena tindakan tersebut. Kolektor distrik juga telah memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut," kata Panchal.

BACA JUGA: Video Viral Demonstrasikan Cara China Lakukan Swab Anal Covid-19

Menurut Kementerian Kesehatan India, India telah bebas dari polio selama satu dekade, dengan kasus terakhir virus polio liar dilaporkan pada 13 Januari 2011.

Negara tersebut, bagaimanapun, tetap waspada untuk mencegah masuknya kembali virus polio ke negara itu dari negara tetangga Afghanistan dan Pakistan, di mana virus polio liar terus menjadi penyebab penyakit tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini