Viral Buaya 2 Meter Hebohkan Pengunjung Pasar Modern

Ismail Sangaji, iNews · Rabu 03 Februari 2021 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 340 2355659 viral-buaya-2-meter-hebohkan-pengunjung-pasar-modern-Q0OkkurWns.jpg Seekor buaya besar sepanjang 2 meter ditangkap warga di pasar modern, Halmahera Selatan/Foto: Ismail Sangaji-iNews

HALMAHERA SELATAN - Video amatir mememperlihatkan seekor buaya berukuran besar ditangkap warga di pasar modern, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Pengunjung dan pedagang pasar yang heboh kemudian menangkap buaya sepanjang 2 meter saat terjebak diselokan air menggunakan alat seadanya.

Dugaan sementara, munculnya buaya yang menghebohkan warga itu karena habitatnya terusik oleh aktivitas masyarakat. Petugas BKSDA Wilayah I Ternate telah ke lokasi untuk memastikan keberadaan buaya yang ditangkap warga.

Penangkapan buaya berlangsung cukup tegang dan disaksikan puluhan warga serta pedangan. Terlebih warga juga mengalami kendala saat proses pengangkatan sang predator.

Baca juga: Viral Video Buaya Bawa Potongan Tubuh Manusia Bikin Heboh Warga Bangkalan

Untuk keselamatan, warga mengikat bagian tubuh buaya seperti kaki dan leher. Warga akhirnya bisa mengevakuasi dan diamankan di salah satu rumah warga.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Ternate BKSDA Maluku, Abas Hurasan mengatakan munculnya buaya yang sempat menghebohkan warga ini diduga karena habitatnya terusik. Hewan predator tersebut mencari tempat lain yang dianggap aman.

"Dari rekaman video, buaya tersebut dapat mengancam warga karena ukurannya sudah besar. Kami berharap warga tidak membunuh sang predator itu karena akan dikembalikan ke habitatnya," kata Abas.

Abas meminta bagi warga yang menemukan atau melihat hewan buas seperti buaya, segera melapor ke BKSDA. Buaya sepeti itu termasuk hewan yang dilindungi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini