Pergerakan Tanah di Tasikmalaya Rusak Puluhan Rumah dan 9 Hektare Lahan Terbelah

Asep Juhariyono, iNews · Jum'at 05 Februari 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 340 2356926 pergerakan-tanah-di-tasikmalayah-rusak-puluhan-rumah-dan-9-hektare-lahan-terbelah-80AuJdhJuy.jpg Ilustrasi rumah rusak karena pergerakan tanah.(Foto:Dok Okezone)

TASIKMALAYA - Puluhan rumah di Kampung Munjul, Desa Bojongsari, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, rusak karena bencana pergerakan tanah.

Dinding rumah-rumah warga retak dan keramik lantai hancur dan lepas lantaran pondasi ambles. Pada malam hari, warga terpaksa harus mengungsi ke tempat lebih aman karena khawatir bangunan rumah mereka roboh.

Selain merusak puluhan rumah, pergerakan tanah ini juga merusak masjid, madrasah, dan sembilan hektare lahan pertanian warga yang didominasi bertani salak di kampung tersebut terancam gagal panen.

Baca Juga: Tanah Bergerak dan Longsor di Pekalongan, 95 Rumah Rusak

Atik Sartika, warga Kampung Munjul mengatakan, bencana pergerakan tanah meluas dan membuat warga khawatir. Warga terpaksa harus mengungsi ke gubuk. "Setiap menit, sering terdengar suara pecahan keramik akibat tanah bergerak," kata Atik.

Baca Juga: Tanah Bergerak di Malang, 1 Rumah Rusak

Sementara itu, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, akan mendatangkan ahli dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Minerel (ESDM) untuk meneliti kawasan itu apakah masih layak untuk dijadikan permukiman atau harus dilakukan relokasi.

"Hasil pendataan BPBD sebanyak 84 rumah dinyatakan terdampak. Pergerakan tanah ini juga menyebabkan tanah seluas 9 hektare terbelah menjadi dua," kata Nuraedidin.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini