Gempa M5,0 Guncang Bengkulu

Demon Fajri, Okezone · Jum'at 05 Februari 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 340 2357209 gempa-m5-0-guncang-bengkulu-bQnPwqzC1p.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

BENGKULU - Gempa tektonik dengan Magnitudo (M=) 5,0 mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Jumat (5/2/2021), pukul 16.07 WIB. Gempa yang pusat di Kabupaten Seluma itu dirasakan sejumlah masyarakat diempat daerah di daerah ini.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,0. Di mana episenter gempa terletak pada koordinat 4,49 Lintang Selatan dan 102,20 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 km arah Barat Daya, Kabupaten Seluma, pada kedalaman 48 km.

Baca juga:  Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Gunung Sitoli Sumut

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu, Litman mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

Baca juga:  BMKG Ungkap Daerah Aktif Gempa di Januari, Berpotensi Berlanjut ke Februari

Akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Litman, Jumat (5/2/2021).

 

Guncangan gempa ini, terang Litman, dirasakan di daerah Kota Bengkulu dan Kabupaten Seluma II-III MMI, Kabupaten Kepahiang dan Curup, Kabupaten Rejang Lebing, II MMI.

Hingga saat ini, kata Litman, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” pungkas Litman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini