Terkendala Situasi, Menlu RI Belum Bisa Lakukan Kunjungan ke Myanmar

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 24 Februari 2021 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 18 2367345 terkendala-situasi-menlu-ri-belum-bisa-lakukan-kunjungan-ke-myanmar-MmTrkJZh1p.jpeg Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi. (Foto: Dok. Kemlu RI))

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi belum akan melakukan kunjungan ke Myanmar untuk membahas penyelesaian situasi politik yang terjadi di negara itu menyusul kudeta 1 Februari 2021, karena terkendala situasi di negara itu.

Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) perkembangan situasi yang saat ini terjadi di Myanmar membuat rencana kunjungan itu belum dapat dilakukan. Keputusan mengenai hal ini diambil melalui pertimbangan dan konsultasi dengan Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN).

BACA JUGA: Lakukan "Shuttle Diplomacy", Menlu RI Bahas Isu Myanmar dengan ASEAN

“Menlu RI membuka opsi melakukan kunjungan ke Nayp Yi Daw (Ibu Kota Myanmar) untuk mencari solusi di tingkat kawasan, dalam hal ini ASEAN. Rencana ini disusun dengan mempertimbangkan situasi di Myanmar,” kata Juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah dalam keterangan persnya, Rabu (24/2/2021).

“Dengan mempertimbangkan situasi saat ini dan berkonsultasi dengan negara ASEAN, saat ini bukan waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan.”

BACA JUGA: Bantah Dorong Pemilu Ulang di Myanmar, Kemlu: Posisi Indonesia Tidak Berubah

Faizasyah mengatakan bahwa Indonesia tetap berkomitmen untuk mencari penyelesaian situasi politik di Myanmar dengan cara damai, mengedepankan dialog, dan prinsip demokrasi. Untuk itu, Indonesia akan terus melakukan konsultasi dengan negara-negara ASEAN mengenai perkembangan terbaru di Myanmar.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini