Bertemu Menlu Myanmar, Menlu RI Tekankan Pentingnya Keselamatan Rakyat

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 24 Februari 2021 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 18 2367830 bertemu-menlu-myanmar-menlu-ri-tekankan-pentingnya-keselamatan-rakyat-q1sakVI1iZ.jpeg Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Myanmar U Wunna dan Menlu Thailand Don Pramudwinai, 24 Februari 2021. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Myanmar U Wunna di Thailand dalam lawatan singkatnya, Rabu (24/2/2021). Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI membahas mengenai situasi politik yang saat ini terjadi di Myanmar.

Berbicara pada keterangan pers virtual, Menlu Retno mengatakan bahwa dalam pertemuan itu dia kembali menyampaikan keprihatinan Indonesia terhadap situasi di Myanmar dan keselamatan dan keamanan rakyat Myanmar.

BACA JUGA: Upayakan Penyelesaian Krisis Politik, Menlu Myanmar Terbang ke Thailand

"Oleh karena itu, kita meminta semua pihak untuk menahan diri dan tidak menggunakan kekerasan untuk menghindari terjadinya korban dan pertumpahan darah," kata Menlu RI.

Dia menambahkan bahwa Indonesia menekankan pentingnya proses transisi demokrasi yang inklusif, karenanya diperlukan sebuah kondisi yang kondusif.

BACA JUGA: Terkendala Situasi, Menlu RI Belum Bisa Lakukan Kunjungan ke Myanmar

"Keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar merupakan hal utama yang harus dilindungi," tegasnya.

Menlu RI mengatakan bahwa Indonesia akan terus melanjutkan komunikasi dengan semua pihak agar dapat berkontribusi bagi penyelesaian masalah di Myanmar.

Pertemuan yang berlangsung di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand itu juga dihadiri oleh Menlu Thailand Don Pramudwinai.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini