Serang Sekolah, KKB Nigeria Culik Lebih dari 300 Siswa

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 26 Februari 2021 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 18 2369002 serang-sekolah-kkb-nigeria-culik-lebih-dari-300-siswa-j9Y6hKLqci.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

ABUJA – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang sekolah asrama di Negara Bagian Zamfara di barat laut Nigeria. Seorang guru mengatakan kepada BBC bahwa setidaknya 300 siswa tidak ditemukan setelah serangan pada Jumat (26/2/2021) pagi itu.

Juru bicara gubernur negara bagian telah mengonfirmasi serangan itu tetapi tidak memberikan rinciannya.

BACA JUGA: 53 Korban yang Diculik dari Bus di Nigeria Dibebaskan

Ini adalah penculikan massal terbaru yang menargetkan sekolah dalam beberapa pekan terakhir. Geng-geng bersenjata sering menculik anak-anak sekolah untuk mendapatkan uang tebusan.

Setidaknya 42 orang, termasuk 27 pelajar, yang diculik minggu lalu di negara bagian tengah Niger, belum dibebaskan.

Pada Desember, lebih dari 300 anak laki-laki diculik oleh orang-orang bersenjata dan kemudian dibebaskan setelah negosiasi.

Serangan pada Jumat terjadi pada pukul 01:00 waktu setempat ketika sekelompok pria bersenjata tiba di Sekolah Menengah Perempuan Pemerintah di Kota Jangebe dengan kendaraan pik-ap dan sepeda motor, kata seorang guru kepada situs berita Punch.

BACA JUGA: Serang Sekolah, KKB Culik 42 Orang dan Bunuh 1 Siswa

Beberapa pria bersenjata itu berpakaian seperti pasukan keamanan pemerintah, kata laporan itu, menambahkan bahwa mereka memaksa siswi sekolah masuk ke dalam kendaraan.

Tetapi saksi lain mengatakan kepada BBC bahwa orang-orang bersenjata itu tiba dengan berjalan kaki di sekolah.

Para orang tua yang khawatir berkumpul di luar sekolah dan beberapa pergi ke hutan untuk mencari putri mereka, kata saksi mata.

Seorang guru mengatakan kepada BBC bahwa dari 421 siswa di sekolah saat itu, hanya 55 yang telah ditemukan, yang berarti lebih dari 300 orang diyakini telah diculik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini