53 Korban yang Diculik dari Bus di Nigeria Dibebaskan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 23 Februari 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 18 2366872 53-korban-yang-diculik-dari-bus-di-nigeria-dibebaskan-T66SuL8ckh.jpg Foto: Twitter/@abusbello.

ABUJA - Penculik membebaskan 53 orang, termasuk wanita dan anak-anak, yang ditangkap di sebuah bus di Nigeria. Sementara itu puluhan orang lainnya, yang diculik dari sekolah dalam serangan terpisah masih hilang.

Geng kriminal di barat laut dan tengah Nigeria telah meningkatkan serangan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk penculikan, pemerkosaan, dan penjarahan.

BACA JUGA: Pimpinan Geng Kriminal Penculik Ratusan Siswa di Nigeria Menyerah

Sebuah geng pekan lalu menangkap 53 orang, termasuk 20 wanita dan sembilan anak-anak, yang bepergian dengan bus milik negara di Desa Kundu di Negara Bagian Niger.

"Saya senang menerima 53... penumpang bus yang diculik oleh bandit bersenjata seminggu yang lalu," kata Gubernur Negara Bagian Niger, Abubakar Sani Bello, dalam sebuah cuitan di Twittter pada Minggu (21/2/2021) malam.

Tidak diketahui apakah uang tebusan telah dibayarkan tetapi perwakilan negara sebelumnya mengatakan mereka tidak akan membayar apapun.

"Kami menjalani satu minggu dialog, konsultasi, kerja keras dan malam tanpa tidur karena kami harus mengamankan pembebasan mereka dalam waktu sesingkat mungkin," kata Juru Bicara Gubernur, Mary Noel-Berje, dalam sebuah pernyataan yang dilansir Al Jazeera.

BACA JUGA: Pria Bersenjata Culik 8 Anak dari Panti Asuhan Minta Tebusan Rp368 Juta

Penumpang bus yang dibebaskan menerima pemeriksaan kesehatan sebelum dipertemukan kembali dengan keluarga mereka, tambahnya.

Dalam insiden terpisah, 42 orang, termasuk 27 anak sekolah, diculik dari sekolah minggu lalu dan masih hilang.

“Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Pemerintah Kagara masih di tangan para tawanannya tapi semuanya dilakukan untuk memastikan pembebasan mereka,” kata Noel-Berje.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini