Gunung Sinabung Erupsi, 3 Kecamatan di Karo Tertutup Abu Vulkanis

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 02 Maret 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 608 2371012 gunung-sinabung-erupsi-3-kecamatan-di-karo-tertutup-abu-vulkanis-GLz1b6DFgf.jpg Gunung Sinabung erupsi. (Foto: PVMBG)

KARO - Sebanyak tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), diselimuti abu vulkanis hasil erupsi Gunung Sinabung sejak Selasa (2/3/2021) pagi tadi.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanael Peranginangin, menyebutkan ketiga kecamatan itu adalah Tiganderket, Tiga Binanga, dan Kutabuluh.

"Luncuran abu vulkanis hingga 5 kilometer membuat setidaknya tiga kecamatan diselimuti abu vulkanis. Di sejumlah titik ketebalan abu vulkanis cukup tinggi," kata Natanael, Selasa (2/3/2021).

Untuk menghindari dampak buruk dari abu vulkanis tersebut, kata Natanael, pihaknya sudah mulai melakukan penyemprotan. Sebanyak 8 armada mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk membantu penyemprotan.

"Kita masih terus melakukan pendataan. Jadi belum tahu di wilayah mana yang terdampak paling parah. Tapi kita bekerja cepat melakukan penyemprotan, agar abu vulkanis tidak mengganggu aktivitas warga. Tadi di Tiga Binanga sudah dilakukan penyiraman.(Kecamatan) yang lain menyusul," tuturnya.

Baca Juga : Sejak Pagi Gunung Sinabung 13 Kali Semburkan Guguran Panas


Natanael mengingatkan kepada seluruh warga di sekitar Gunung Sinabung untuk mengurangi aktiVitas di luar ruangan. Ia juga meminta warga menjauhi zona larangan yang sudah ditetapkan pemerintah, karena potensi erupsi susulan, masih cukup tinggi.

"Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara. Gunung Sinabung saat ini masih berstatus siaga atau level tiga," tukasnya.

Baca Juga : Gunung Sinabung Erupsi Semburkan Abu Setinggi 1.000 Meter

Gunung inabung di Kabupaten Karo mengalami erupsi dan meluncurkan awan panas guguran sebanyak 13 kali. Tinggi kolom abu mencapai 5 kilometer. Begitu pun dengan awan panas guguran yang diluncurkan sejauh 5 kilometer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini