Pesawat Tempur F-16 Temukan Kebakaran Hutan dan Lahan di Perbatasan saat Gelar Latihan Tempur

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Rabu 10 Maret 2021 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 340 2375312 pesawat-tempur-f-16-temukan-kebakaran-hutan-dan-lahan-di-perbatasan-saat-gelar-latihan-tempur-vkpGieo5g5.jpg Pesawat tempur F-16 menemukan karhutla.(Foto:Okezone)

PEKANBARU - Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin menggelar latihan militer dengan menggunakan pesawat tempur. Saat latihan tempur dengan menggunakan pesawat F-16, pilot mendeteksi karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

Lokasi kebakaran terdeteksi di daerah Dasan perbatasan antara Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Pihak Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menegaskan, bertartisipasi dalam penanganan Karhutla di Riau.

"Pesawat tempur yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Riau dan juga membantu pemerintahan daerah dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap, kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama, Andi Kustor Selasa (9/3/21).

Baca Juga: Dibanding 2019, Mahfud MD: Karhutla Turun 81% di 2020

Kegiatan militer ini merupakan "Latihan Profisiensi, F-16 "Rydder" Pantau Karhutla di Riau Harpy Flight dari "Rydder". Kegiatan Harpy Flight terdiri dari dua pesawat, TS-1608 yang diawaki oleh Danskadud 16, Mayor Pnb Andri Setyawan serta TS-1623 oleh Lettu Pnb Galih Rakasiwi dan Kapten Pnb Yusuf Atmanegara, melaksanakan latihan basic fighter maneuver (BFM) di Military Training Area (MTA).

Baca Juga: Kapolda Aceh Terjun Langsung ke Sejumlah Titik Api Kebakaran Hutan dan Lahan

Dia menegaskan, bahwa upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan pihak Lanud Roesmin Nurjadin. Andi menyatakan bahwa ini adalah komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas Siaga Penanggulangan Bencana Asap Karhutla Riau.

"Patroli Karhutla di latihan profisiensi ini adalah salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin sebagai Posko Udara Satgas Karhutla. Hasilnya nanti akan langsung disampaikan oleh crew kepada posko Karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut," tukas jendral TNI AU bintang satu ini.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini