Share

Adik Kim Jong-un Beri Peringatan pada AS: Jangan Timbulkan Bau Busuk

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 16 Maret 2021 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 18 2378522 adik-kim-jong-un-beri-peringatan-pada-as-jangan-timbulkan-bau-busuk-ldcI7o2iYA.jpeg Kim Yo-jong. (Foto: Reuters)

SEOUL Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mengkritik latihan militer yang sedang berlangsung di Korea Selatan dan memperingatkan pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) agar tidak “menimbulkan bau busuk” jika menginginkan perdamaian, demikian dilaporkan kantor berita negara itu pada Selasa (16/3/2021). Peringatan itu tampaknya merujuk pada tindakan-tindakan AS yang dianggap sebagai provokasi oleh Korea Utara.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari sebelum diplomat dan kepala pertahanan tertinggi Amerika tiba di Seoul untuk pembicaraan pertama mereka dengan rekan-rekan Korea Selatan.

BACA JUGA: Penerbangan Dilarang, Diplomat Rusia Dorong Troli untuk Pergi dari Korut

"Kami mengambil kesempatan ini untuk memperingatkan pemerintahan baru AS yang berusaha keras untuk mengeluarkan bubuk bau di wilayah kami," kata Kim dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara KCNA.

"Jika ia (AS) ingin tidur dengan damai selama empat tahun mendatang, lebih baik jangan menimbulkan bau busuk pada langkah pertama," ujarnya sebagaimana dilansir Reuters.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin sedang melakukan perjalanan di Asia pekan ini untuk membahas kebijakan luar negeri dan keamanan dengan sekutunya di Jepang dan Korea Selatan, termasuk beberapa perhentian lainnya.

Korea Utara sejauh ini menolak permintaan dari AS untuk terlibat dalam dialog, menurut pernyataan dari Gedung Putih pada Senin (15/3/2021). Sikap Pyongyang diduga terkait dinginnya hubungan kedua negara yang dimulai di bawah Presiden Donald Trump telah meluas ke kepresidenan Joe Biden.

BACA JUGA: AS Dakwa 3 Pria Korut Atas Pencurian Rp18,2 Triliun

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengadakan tiga pertemuan puncak tingkat tinggi dengan Trump dan bertukar serangkaian surat, tetapi negara bersenjata nuklir itu mengakhiri pembicaraan dan mengatakan tidak akan terlibat lebih jauh kecuali Amerika Serikat mencabut kebijakan permusuhannya.

Tidak ada tanggapan langsung dari Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri, atau pemerintah Korea Selatan terkait peringatan dari Kim Yo Jong itu. Tim Biden telah melakukan peninjauan terhadap kebijakan Korea Utara, yang diharapkan akan selesai dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini