BPOM Inggris: Belum Bisa Dipastikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca Sebabkan Pembekuan Darah

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 17 Maret 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 18 2379411 bpom-inggris-belum-bisa-dipastikan-vaksin-covid-19-astrazeneca-sebabkan-pembekuan-darah-gPMTb22Oza.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Badan Regulator Produk Kesehatan dan Obat-obatan Inggris (MHRA) pada Selasa (16/3/2021) memberikan pernyataan terkait keputusan beberapa negara untuk menghentikan sementara penggunaan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca karena dugaan vaksin tersebut menyebabkan pembekuan darah. Menurut MHRA, sejauh ini belum dapat dikonfirmasi bahwa vaksin AstraZeneca menyebabkan masalah penggumpalan darah tersebut.

BACA JUGA: Negara-Negara yang Hentikan Sementara Suntikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

"Kasus tersebut masih belum dapat dipastikan bahwa pembekuan darah yang dilaporkan disebabkan oleh Vaksin COVID-19 AstraZeneca. Penggumpalan darah dapat terjadi secara alami dan tidak jarang," kata Kepala Keselamatan Vaksin MHRA Dr Phil Bryan dalam keterangan persnya.

“Kami bekerja sama dengan para mitra internasional kami untuk memahami pengalaman global keamanan vaksin COVID-19 dan juga dalam hal berbagi data dan laporan keamanan secara cepat,” ujarnya.

Dr. Bryan mengatakan bahwa MHRA terus memantau keamanan selama penggunaan vaksin secara luas dan memiliki strategi proaktif dalam menjalankan peran tersebut.

BACA JUGA: Kontroversi Vaksin AstraZeneca, Manfaatnya Dinilai Lebih Besar Dibanding Efek Sampingnya

Menurutnya manfaat vaksin dalam mencegah Covid-19 dan risiko lainnya, termasuk kematian akibat penyakit itu, jauh lebih besar daripada risiko efek sampingnya.

Sebagaimana diketahui sejumlah negara telah menghentikan sementara vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin AstraZeneca karena dugaan efek samping penggumpalan darah tersebut. Indonesia, yang telah menerima lebih dari 1 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca,juga memutuskan untuk menunda sementara penyuntikan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini