Banyak Sampah, Nelayan di Medan Mengeluh Tak Bisa Melaut

Yudha Bahar, iNews · Minggu 21 Maret 2021 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 608 2381581 banyak-sampah-nelayan-di-medan-mengeluh-tak-bisa-melaut-lyQJBijFc9.jpg Sampah menumpuk di Sungai Bedera Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. (Foto : iNews/Yudha Bahar)

MEDAN – Kondisi Sungai Bedera yang melintasi Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan Kota Medan hingga Minggu (21/3/2021) sore masih terlihat sampah hanyut terbawa arus air. Namun, air pasang membuat sampah kembali ke hulu sungai sehingga tidak sebanyak beberapa waktu lalu.

Meskipun begitu, hal ini membuat masyarakat yang berdekatan dan beraktivitas di Sungai Berdera terganggu. Itu karena sampah tersebut menimbulkan aroma tidak sedap. Bahkan sampah yang tidak terbawa arus masih menyangkut di sampan dan tangkahan milik nelayan.

Camat Medan Marelan, M Yunus menjelaskan, pihak pemerintah setempat telah berkoordinasi kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan untuk menanggulangi persoalan sampah ini. Namun, ia menegaskan, sampah yang hanyut disungai bukan dari warga dan kawasannya.

Sementara itu, seorang nelayan, Sofyan, mengaku harus menunda mencari ikan ke laut. Itu karena mereka khawatir sampan rusak akibat tersumbat sampah.

Dikhawatirkan sampah akan kembali hanyut ke kawasan Sungai Berdera jika air sungai kembali surut.

Baca Juga : Guru SMK Tega Setubuhi 2 Anak Kandungnya yang Masih di Bawah Umur

Rencananya pihak kecamatan dan instansi terkait akan menelusuri sumber sampah dan masyarakat berharap pemerintah dapat memberikan himbauan bahkan menangkap oknum yang sengaja mencemari sungai dengan sampah.

Baca Juga : Vaksinasi Tahap II di Kota Medan, Lansia: Dapat Menambah Imun, Semoga Covid-19 Cepat Hilang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini