Curi Kotak Amal Masjid, Pemuda Ini Kabur ke Dalam Hutan

Bisrun Silvana, iNews · Senin 29 Maret 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 340 2385573 curi-kotak-amal-masjid-pemuda-ini-kabur-ke-dalam-hutan-7rQoiwbxTS.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

PALI - Perbuatan Joko alias Kolok bin Darmawan (25) benar-benar tak terpuji. Bukannya giat melakukan hal bermanfaat guna kemakmuran tempat ibadah, ia justru tega mencuri kotak amal di Masjid Al Ikhlas, Desa Tanah Abang Jaya, Kecamatan Tanah Abang.

Akibat perbuatannya itu, ia pun akhirnya berhasil diringkus oleh jajaran Polsek Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), guna mempertanggung jawabkan ulahnya.

Baca juga:  Modus Minta Dipijat, Wanita Ini Tega Mencuri Uang dan HP di Yayasan Tunanetra

Dari pengakuan pria beralamat di Desa Dewa Sebane Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, ia menggasak kotak amal di Masjid Al Ikhlas pada hari Kamis tanggal 24 Desember 2020 sekira pukul 01.39 WIB.

"Saya melakukan pencurian dengan cara masuk kedalam masjid dan langsung mengambil kotak amal yang telah di kunci, kemudian langsung kabur dan membawa kotak amal tersebut ke dalam hutan," ungkapnya seperti dituturkan kembali oleh Kapolsek Tanah Abang, AKP Bambang Julianto, kepada wartawan, Minggu (28/3/2021).

Baca juga:  Terciduk Warga, Pencuri Modus Pecah Kaca Mobil Dihajar hingga Babak Belur

Setelah itu pelaku langsung merusak kunci kotak amal dan mengambil uang yang ada di dalam kotak amal kemudian meninggalkan kotak amal tersebut di dalam hutan.

"Keesokkan harinya pengurus masjid melihat kotak amal yang didalam masjid telah hilang, setelah itu langsung mengecek CCTV masjid dan ternyata benar kotak amal telah di curi oleh pelaku, atas kejadian tersebut masjid Al ikhlas mengalami kerugian sebesar Rp300 ribu," ujar Kapolsek, didampingi Kanit Reskrim IPDA Arzuan.

Pasca mendapat laporan dari pengurus Masjid Al Ikhlas, Adlin bin Lekat (52), jajaran Polsek Tanah Abang pun langsung melakukan penyelidikan. Pelaku pun berhasil ditangkap pada Minggu (28/3/2021) sekira pukul 01.00 WIB di Desa Purun Kecamatan Penukal.

"Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini