Imbas Bom Makassar, Polda Jabar Perketat Pengamanan Gereja Jelang Paskah

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Selasa 30 Maret 2021 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 525 2386541 imbas-bom-makassar-polda-jabar-perketat-pengamanan-gereja-jelang-paskah-L0f9ryCcD5.jpg Ilustrasi (Foto: Sindo/Agung)

BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) meningkatkan pengamanan gereja menjelang perayaan Paskah, 4 April 2021, menyusul insiden bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, Minggu 28 Maret 2021.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi Ardimulan Chaniago menyatakan, pengamanan gereja tersebut dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

"Iya (diperketat pascainsiden bom)," ujar Erdi, Selasa (30/3/2021).

Dia menjelaskan, pada malam hari sebelum perayaan Paskah, polisi dari Tim Penjinak Bom (Jibom) akan melakukan sterilisasi gereja. Kemudian, pada hari perayaan Paskah, pemeriksaan ketat pun dilakukan terhadap jemaah dan para tamu yang hadir di gereja.

"Rutinitas (pengamaman) seperti (hari) keagamaan, kita adanya pengecekan yang ekstra ketat. Sebelum itu, (perayaan) biasanya malam, sebelum kegiatan itu, kita juga dari kepolisian melakukan screening atau sterilisasi dari Jibom, dari Brimob," terang Erdi.

Baca Juga : Said Aqil: Benih Pintu Masuk Terorisme Adalah Wahabi dan Salafi

Disinggung jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan tersebut, Erdi mengaku, belum mengantongi data pastinya. Meski begitu, kata Erdi, personel yang dilibatkan bakal disesuaikan dengan jumlah gereja yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jabar.

"Nanti kita menunggu konfirmasi dari daerah-daerah dulu berapa kekuatannya," kata dia.

Seperti diketahui, aksi bom bunuh diri dilakukan sepasang suami istri terjadi di depan Gereja Katedral, Makassar. Bom meledak saat jemaat Gereja Katedral melaksanakan ibadah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini