Pengemudi Main HP, 30 Mobil Dinas Kena Tilang Elektronik

Teguh Mahardika, Koran SI · Kamis 15 April 2021 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 340 2395404 pengemudi-main-hp-30-mobil-dinas-kena-tilang-elektronik-7xxGniCMYz.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

SERANG - Sebanyak 30 kendaraan dinas pemerintahan kena tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Kebanyakan pengendara ditilang karena tidak menggunakan sabuk pengaman dan asyik main handphone (HP) saat mengemudi.

Hal itu tercatat dari rekaman sistem ETLE dalam kurun waktu selama dua minggu mulai dari tanggal 1 April sampai 14 April tahun 2020.

"Adalah. Semuanya kena tidak main-main saya. Pelat merah ada sekitar 30. Iya banyak juga yang tidak mengerti aturan," kata Kasubdit Gakkum Polda Banten AKBP Hamdani, Kamis (15/4/2021).

Menurut AKBP Hamdani, surat konfirmasi tilang telah dikirimkan kepada instansi terkait sesuai pelanggar bekerja. Nantinya, mereka wajib mengikuti sidang di pengadilan dan membayar denda.

Meraka kebanyakan bekerja di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

"Sudah saya kirim ke kantornya. Kami kan punya nomor-nomornya. Tetap bayar denda maksimal. Kalau sudah kena ETLE suka tidak suka harus bayar denda maksimal dan melaksanakan sidang di pengadilan, harus sesuai prosedur," tuturnya.

Ia mengimbau para pengendara untuk tetap patuh dengan peraturan lalin. Hal itu sebagai bentuk mengantisipasi kecelakaan.

Baca Juga : Tilang Elektronik Nasional Diterapkan, Menpan-RB Berikan Penghargaan ke Kakorlantas Polri

"Apabila ada rambu marka tolong dipatuhi. karena kemarin ada yang protes hanya setengah meter melewatinya," tuturnya.

Baca Juga : 63.813 Pelanggar Lalin di Kota Bandung Tertangkap Kamera ETLE

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini