Rusia Tarik Pasukannya dari Perbatasan Ukraina

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 23 April 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 18 2399567 rusia-tarik-pasukannya-dari-perbatasan-ukraina-lNFpMg6DzG.jpg Foto: Reuters.

MOSKOW - Rusia mengumumkan pada Kamis (22/4/2021) bahwa mereka sedang memerintahkan pasukan untuk kembali ke pangkalan dari daerah dekat perbatasan dengan Ukraina, tampaknya mengakhiri penumpukan puluhan ribu tentara yang telah membuat khawatir Barat.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan dia telah memerintahkan pasukan yang terlibat dalam latihan untuk kembali ke pangkalan mereka pada 1 Mei, karena mereka telah menyelesaikan apa yang disebutnya "inspeksi" di daerah perbatasan.

BACA JUGA: Tegang dengan Rusia, Ukraina Ancam Kembangkan Senjata Nuklir

"Saya yakin tujuan inspeksi mendadak telah tercapai sepenuhnya. Pasukan telah menunjukkan kemampuan mereka untuk memberikan pertahanan yang kredibel bagi negara," kata Shoigu sebagaimana dilansir Reuters.

Perangkat keras militer akan ditinggalkan di tempat latihan dekat Kota Voronezh, sekira enam jam perjalanan dari Ukraina, sehingga dapat digunakan lagi akhir tahun ini dalam latihan besar terjadwal lainnya.

Beberapa jam sebelumnya, Shoigu menghadiri manuver di Krimea, yang menurut Moskow melibatkan 10.000 tentara dan lebih dari 40 kapal perang. Rusia juga mengumumkan telah menangkap seorang pria Ukraina di Krimea yang dituduh sebagai mata-mata.

Penarikan pasukan yang dikonfirmasi itu kemungkinan akan disambut gembira oleh negara-negara Barat yang telah menyatakan kekhawatiran atas prospek intervensi Rusia lebih lanjut di Ukraina timur. Separatis yang didukung Rusia telah memerangi pemerintah Ukraina di wilayah tersebut sejak 2014.

BACA JUGA: Di Ambang Konflik dengan Ukraina, Rusia Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam

Penumpukan pasukan di dekat Ukraina adalah salah satu dari beberapa masalah yang telah meningkatkan ketegangan antara Rusia dan Barat.

Bulan ini juru bicara presiden Ukraina mengatakan bahwa Rusia memiliki lebih dari 40.000 tentara yang dikerahkan di perbatasan timur Ukraina dan lebih dari 40.000 di Krimea. Moskow tidak memberikan jumlah detail pasukannya di perbatasan Ukraina.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan Ukraina "menyambut baik setiap langkah untuk mengurangi kehadiran militer & mengurangi situasi di Donbas (timur Ukraina)". Dia menambahkan bahwa Ukraina "Berterima kasih kepada mitra internasional atas dukungan mereka".

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini