Aturan Mudik Sudah Diperketat, Masyarakat Tetap Nekat

Ervand David, iNews · Minggu 25 April 2021 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 525 2400349 aturan-mudik-sudah-diperketat-masyarakat-tetap-nekat-AbYNXluDDx.jpg Situasi Terminal Cicaheum Bandung (Foto : iNews)

BANDUNG - Meski sudah ada kebijakan dari pemerintah untuk memperketat aktivitas transportasi publik pada 22 April hingga 24 Mei 2021, masih banyak masyarakat yang nekat mudik ke kampung halaman di sejumlah terminal di Kota Bandung. Masyarakat memilih mudik lebih cepat guna menghindari lonjakan harga tiket.

Pasca terbitnya surat edaran mengenai pengetatan larangan mudik, pantauan di Terminal Cicaheum, Bandung, masih ramai dipadati pemudik. Ratusan pemudik memadati sejumlah bus antar provinsi yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Masyarakat memilih memaksakan untuk mudik hanya untuk menghindari lonjakan harga tiket di terminal sebelum tanggal 6 Mei. Di samping itu, masyarakat juga menilai jika mudik ditiadakan seharusnya wisata dan mal juga ditutup guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Harusnya tempat wisata sama mal juga ditutup dong kalau alasannya jangan sampai nular Covid-19," ujar salah satu pemudik, Tuti Wibowo, Minggu (25/4/2021).

Kendati begitu, aktivitas penumpang di Terminal Cicaheum cenderung terus mengalami penurunan pasca pemberlakuan aturan baru.

"Kalau jumlah penumpangnya trennya menurun," ujar Komandan Regu Terminal Cicaheum, Bandung, Erwyn Herlyana.

Baca Juga : Video 3D Tenggelamnya Kapal Selam ARA San Juan Mirip dengan KRI Nanggala 402?

Seperti diketahui, Surat Edaran mengenai pengetatan larangan mudik nomor 13 tahun 2021 sudah berlaku. Namun masih banyak masyarakat curi start untuk melakukan mudik dini di Kota Bandung.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini