Share

Bosscha Amati Peralihan Ramadhan ke Syawal Selama 3 Hari

Adi Haryanto, Koran SI · Selasa 11 Mei 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 525 2408734 bosscha-amati-peralihan-ramadhan-ke-syawal-selama-3-hari-iKyiiZaPTP.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

BANDUNG BARAT - Observatorium Bosscha melakukan pengamatan hilal menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah selama tiga hari dari Senin 10 Mei hingga Rabu 12 Mei 2021.

Guna mendukung proses pengamatan disiapkan sebanyak 2 buah teleskop berukuran 106 mm dan 66 mm berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera astronomi.

"Tim di Bosscha melaksanakan pengamatan hilal sejak hari ini sampai Rabu. Dari mulai pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat," kata Staff Peneliti Bosscha, Yatny Tulianty saat dikonfirmasi, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Akan Lebaran dengan Keluarga di Rumah Dinas

Dijelaskannya, setiap tahun Observatorium Bosscha menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama dan masyarakat umum.

Pada 12 Mei 2021 akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit yang merupakan penanda beralihnya bulan Ramadhan ke bulan Syawal 1442 H.

Menurutnya, rukyatul hilal dilakukan pada sore hari dan deteksi sabit bulan dilakukan setelah Matahari terbenam. Sabit yang tampak setelah Matahari terbenam ini disebut sebagai hilal.

"Pengamatan bulan sabit ditujukan untuk meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan sebagai fungsi dari elongasi dan ketebalan sabit bulan, dan juga dalam rangka rukyatul hilal bulan Syawal 1442 H," terangnya.

Baca Juga: Cabuli ABG dan Videonya Tersebar di Medsos, Pemuda Ini Diringkus Polisi

Lebih jauh dikatakannya, kegiatan ini merupakan pengamatan internal yang hanya dihadiri oleh staf Observatorium Bosscha. Hal tersebut sesuai imbauan agar tidak berkegiatan yang melibatkan banyak orang di suatu tempat selama pandemi Covid-19.

"Kami hanya menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang sebagai masukan untuk sidang itsbat," pungkasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini