Covid-19 Klaster Balik Mudik Lebaran di Lampung Meningkat

Andres Afandi, iNews · Selasa 25 Mei 2021 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 340 2415076 covid-19-klaster-balik-mudik-lebaran-di-lampung-meningkat-o5tn6ZcOk4.jpg Pos Penyekatan pemdik di Provinsi Lampung.(Foto:tangkapan layar)

BANDAR LAMPUNG - Akibat membeludaknya para pemudik yang akan kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat sebanyak 532 pemudik dari berbagai provinsi di Sumatera dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan rapid antigen secara acak di 7 Pos Penyekatan Mudik.

Para pemudik yang dinyatakan positif Covid-19, selanjutnya dilakukan isolasi selama 10 hari ke depan di tempat yang telah disediakan oleh pemprov dan Pemkab Lampung Selatan. Selain mereka yang terkonfirmasi posisitf, anggota keluarga yang turut serta dalam perjalanan juga dilakukan karantina.

Diprediksi jumlah ini akan terus bertambah, mengingat masih banyaknya pemudik yang belum kembali dan akan menyebrang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Sebar Titik Pengecekan Rapid Test di 7 Titik

Pos-pos penyekatan yang disiagakan di rest area jalan Tol Trans Sumatera, hingga kini masih dipadati pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana menjelaskan, penambahan kasus positif kluster balik mudik ini terjadi sejak 17 mei 2021 lalu, dan hingga saat ini kasus positif Covid-19 mencapai 532 orang.

"Kami masih menunggu intruksi pemerintah pusat, terkait perpanjangan masa tugas Satuan Tugas Khusus Covid-19 di Provinsi lampung," ujar Reihana.

Hingga saat ini, beberapa tempat rujukan yang dijadikan tempat isolasi bagi para pemudik dikabarkan kewalahan akibat banyaknya dan terus bertambahnya pemudik yang positif Covid-19.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini