Gubernur Papua Lukas Enembe Jalani Pengobatan Lanjutan di Singapura

Chanry Andrew S, iNews · Rabu 26 Mei 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 340 2415765 gubernur-papua-lukas-enembe-jalani-pengobatan-lanjutan-di-singapura-eZWbqVy0LN.jpeg Lukas Enembe. (Foto: Okezone.com)

JAYAPURA - Warga Papua khususnya yang berada di Kota Jayapura dua hari belakangan dihebohkan dengan kabar hoaks (hoax) meninggalnya Gubernur Papua Lukas Enembe. Pada Selasa, (25/5/2021), kabar burung itu bersiliweran melalui pesan singkat elektronik (SMS) dan media sosial.  

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Gubernur, Rifai Darus yang didampingi Staf Khusus Gubernur Papua, Ronald Manurung langsung memberikan keterangan pers kepada wartawan di Jayapura, Selasa. 

Rifai Darus dalam keterangan pers tersebut mengaku bahwa dalam kurun beberapa hari belakangan ini banyak sekali beredar SMS dan Disinformasi di media sosial yang menyatakan bahwa Gubernur Papua, Lukas Enembe meninggal dunia. Menurut Rifai, pesan tersebut adalah pesan yang keliru dan mengandung berita bohong atau hoaks. 

Baca juga: 4 Fakta Kabar Burung Meninggalnya Lukas Enembe, Cuma Berobat ke Singapura

“Saya nyatakan bahwa pesan itu keliru dan sepenuhnya mengandung berita bohong atau hoax" tegas Rifai Darus. 

Rifai meminta kepada masyarakat di Papua yang masih menerima pesan singkat elektronik tersebut untuk tidak lagi menyebarluaskan pesan tersebut. 

"Untuk itu kepada seluruh masyarakat dihimbau apabila masih menerima pesan demikian agar tidak menyebar luaskannya kembali,” pinta Rifai Darus.  

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, Gubernur Papua meminta kepada seluruh masyarakat di Provinsi paling timur Indonesia ini untuk senantiasa bijak dalam menggunakan media sosial dan bersama-sama memerangi berita hoaks yang menyudutkan dan provokatif.

Baca juga: Gubernur Papua Lukas Enembe Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Deretan Kontroversi Selama Kepemimpinannya

"Gubernur Papua, Lukas Enembe juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Provinsi Papua, untuk senantiasa menjadi terang di sosial media. Beliau menginginkan agar segala bentuk kabar bohong atau hoax yang bertendensi menyudutkan dan bernuansa provokatif dapat kita perangi bersama dengan cara yang elegan,” kata Rifai.

Sementara itu, orang nomor satu di Pemprov Papua tersebut saat ini tengah menjalani perawatan lanjutan di Singapura dan dalam kondisi bai.

"Gubernur Papua, Bapak Lukas Enembe saat ini masih menjalankan perawatan lanjutan di Singapura, jadi sampai hari ini beliau masih melakukan proses pengobatan di Singapura dan dalam kondisi yang baik,” ujarnya. 

Rifai Darus mengajak seluruh elemen masyarakat di Papua untuk memberikan doa pada kesembuhan Gubernur agar Pimpinan rakyat Papua ini dapat kembali menjalankan roda pemerintahan dengan baik 

"Saya mengajak agar seluruh masyarakat Papua terus mendoakan pemimpin kita, agar kembali pulih dan tetap menjalankan aktifitasnya kembali sebagai Kepala Daerah." pintanya. 

Belum lama ini Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menginggal dunia. Padahal saat Lukas dirawat, roda pemerintahan dijalankan oleh Klemen. Rifai memastikan aktivitas roda pemerintahan seluruhnya berjalan sebagaimana mestinya dan semua berpatokan pada satu komando yakni Gubernur Papua.  

"Dalam hal, Bapak Lukas Enembe sedang menjalani masa perawatan, maka fungsi pemerintahan dalam hal pemberian pelayanan, pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, terus berlangsung sebagaimana mestinya dalam suatu sistem pemerintahan yang kuat dan komperhensif oleh berbagai unsur pemerintah provinsi,” tegasnya. 

Rifai juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Papua untuk tidak mudah menerima dan menyebarkan pesan singkat elektronik yang belum tentu mengandung kebenaran. Rifai berharap masyarakat Papua dalam mendapatkan informasi dapat merujuk pada kabar dan berita yang kredibel. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini